Sapi milik Presiden Jokowi yang rencananya akan menjadi sapi kurban untuk Kaltim.

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda — Hari Raya Idul Adha yang identic juga dengan Hari Raya Kurban, tinggal beberapa hari lagi. Berbagai persiapan telah dijalankan oleh panitia masjid masing-masing, termasuk tata cara pemilihan hewan yang sehat, tata cara penyembelihan hewan yang benar dan lain sebagainya.

Presiden Jokowi juga telah menyia[kan satu ekor sapi untuk warga Kaltim. Sapi ini langsung dipilih oleh Kantor Sekretariat Presiden yang khusus datang dan membeli seekor sapi jenis Brahman dengan berat 900 kilogram.

Pemilihan inipun tidak sembarangan. Sapi tersebut harus memenuhi kriteria, mulai dari berat, kesehatan hingga asupan makanan dan juga sesuai dengan keputusan presiden.

“Sapi ini kita dapat dipeternak sapi di Sempaja. Bersama dengan perwakilan Kesekretariatan Presiden kita sudah memutuskan sapi jenis Brahman itu untuk kurban nanti,” ujar Dadang Sudarya selaku Kepala Dinas Peternakan Kaltim, kepada Poskaltim.com, Sabtu (3/8) sore usai memeriksa sapi tersebut di penitipan hewan sebelum diambil pada saat lebaran tiba.

Untuk menjaga kualitas dari sapi tersebut. Dinas Peternakan juga sudah menurunkan tim kesehatan hewan. Sehingga kesehatan dan kondisi sapi sampai hari raya tetap dalam kondisi yang baik dan siap untuk dipotong.

Sapi ini nantinya, akan diletakan di Masjid Baitul Muttaqien bersama sapi sumbangan dari wakil presiden, mendampingi sapi milik gubernur Kaltim dan wakil gubernur.

“Dagingnya nanti akan didistribusikan kepada masyarakat yang tidak mampu yang sudah didata oleh panitia qurban sebelumnya,” jelasnya.

Untuk kurban tahun 1440 hijriah di Kaltim, Dinas Peternakan menyiapkan sebanyak 11.000 ekor sapi. Angka ini diperkirakan mencukupi jumlah hewan kurban yang disiapkan mengingat kebutuhan tahun lalu hanya berkisar 10.400 ekor.

“Namun jumlah persediaan sapi ini akan terus kita pantau, mengingat banyak juga pedagang yang langsung mengambil sapi dari luar Kaltim dan selalu siap berkoordinasi dengan Dinas Peternakan,” ucapnya.(YAN).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here