Curah hujan yang masih tinggi di Samarinda diperkirakan masih akan terjadi hingga awal Juni mendatang

Oleh : Mashardiansyah

Poskaltim.com, Samarinda — Curah hujan di Kota Samarinda dalam beberapa hari terakhir cenderung tinggi. Curah hujan yang tinggi ini diperkirakan akan terjadi hingga awal Juni mendatang.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Temindung Samarinda memprediksi hujan ini akan berlangsung hingga menjelang Lebaran Idul Fitri.

Kepala BMKG Temindung Samarinda, Juli Budi Kisworo saat dikonfirmasi melalui telepon mengatakan, bahwa potensi hujan masih akan berlangsung hingga bulan Juni mendatang, hal tersebut lantaran adanya peralihan musim.

“Ya, peralihan musim, dari musim hujan ke musim kemarau. Sementara musim kemarau menurut BMKG akan jatuh sekitar bulan Agustus. Hal tersebut membuat bulan Mei masuk dalam katagori peralihan musim,” ujar Juli yang dihubungi via telepon, Minggu (19/5).

Selain peralihan musim ditambah lagi dengan kondisi laut yang masih hangat, yang menyebabkan masih tingginya potensi hujan di Kota Samarinda dan sekitarnya.

Meski berpotensi turunnya hujan di bulan Mei terbilang cukup deras, namun potensi tersebut akan mengalami penurunan hingga masuk di bulan Juni.

“Kemungkinan dibulan Juni potensi hujan akan mulai berkurang, untuk sifat hujannya masih terbilang normal,” ungkapnya.

Demikian pula dengan awan mendung yang berpotensi menurunkan hujan, akan terjadi sekiatr pukul 16.00 Wita hingga 19.00 Wita, namun tidak menutup kemungkinan hujan akan turun pada subuh sekitar pukul 05.00 Wita.

“Hujan cenderung turun diatas jam 4 sampai jam 7 malam, sementara pagi sekitar jam 5 subuh. Tetapi umumnya hujan lebih banyak terjadi pada sore hari,” jelas Juli.

Diperalihan musim ini, memang potensi hujan terbilang sangat tinggi dan kerap membuat genangan air di beberapa wilayah Samarinda, Juli pun menghimbau agar di peralihan musim ini, masyarakat dapat membersihkan gorong-gorong agar hujan yang datang tidak menyebabkan banjir.(MSD/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here