CEO perusahaan Huawei, Richard Yu, mengatakan jika ponsel jenis terbaru ini tidak akan menggandeng layanan Google.

Oleh: Anisa Tri K / Yuliawan A

Poskaltim.com, Jakarta – Produsen telepon genggam Huawei baru saja mengumumkan seri ponsel terbaru mereka, yakni Mate 30 dan Mate 30 Pro tanpa menggunakan layanan google.
Dalam acara peluncuran yang diadakan di Munich, Jerman, Kamis (19/9), CEO perusahaan Huawei, Richard Yu, mengatakan jika ponsel jenis terbaru ini tidak akan menggandeng layanan Google.

“Kami tidak bisa menggunakan layanan Google Mobile Services (GMS), namun kami bisa menggunakan layanan Huawei Mobile Services (HMS),” jelas Richard.

Yu melanjutkan, pihaknya tidak bisa menanamkan GMS di duo seri ponsel terbaru tersebut, dikarenakan Huawei masih dilarang berbisnis dengan perusahaan-perusahaan Amerika Serikat (AS), salah satunya adalah Google yang bermarkas di sana. Hal ini menjadikan ponsel Huawei tidak bisa mengunduh aplikasi jejaring sosial melalui pihak Google, sebagai gantinya, kedua ponsel tersebut bisa menelusuri aplikasi yang ingin mereka pasang, melalui Huawei App Gallery.

Untuk mengembangkan Huawei App Gallery, pihak Huawei mengklaim telah menghabiskan dana 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp14 triliun, baik dari sisi pengembangan aplikasi hingga pengembangan pengguna dan pemasaran. “Kami dipaksa untuk melakukan hal ini. Kami memiliki hubungan yang baik dengan Google, tetapi pemerintah AS memaksa kami untuk melakukan hal ini dan kami tidak memiliki pilihan lain,” ungkap Yu.

Sebelumnya, beredar kabar jika seri Huawei Mate 30 tidak akan meluncurkan di Inggris, Perancis, Italia, Jerman dan berbagai negara lain. Namun, dalam pernyataannya, Huawei mengkonfirmasi perangkat mereka akan datang ke Eropa, tetapi belum mengumumkan daftar yang tepat negara mana saja ponsel mereka akan tersedia. Yu juga menegaskan ia percaya bahwa larangan akan berdampak pada penjualan telepon baru, tetapi ia percaya akan mendapat menjual dua seri ponsel itu ke pasar potensial seperti Cina dan lainnya. (YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here