Oleh: Muhajir/ Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda — Wakil Ketua Komisi I DPR, Satya Widya Yudha, meminta agar aparat keamanan segera mengungkap dugaan keterlibatan pihak asing dalam unjuk rasa berujung rusuh di sejumlah daerah di papua. Ini untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Jangan sampai mereka menyuplai senjata, kami minta negara melakukan investigasi itu,” ujar Satya di Gedung DPR, Jakarta, Senin (2/9).

Dia meminta Kapolri Jenderal Tito Karnavian segera membuka siapa saja jaringan internasional yang terlibat. Hal tersebut diperlukan agar kejadian Timor Leste dari Indonesia tak terjadi di Papua.

“Kita minta Kapolri segera untuk mengklarifikasi itu secara publik,” ujarnya.

Komisi I juga meminta pemerintah agar tidak lemah dalam menangani organisasi internasional yang masuk ke Papua. Hal itu jika kelompok itu sudah terindentifikasi, maka mereka bisa dicegah masuk ke Indonesia,” ucap Satya.

Kemarin, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengakui bahwa kelompok masyarakat yang aksi anarkis di Papua dan Papua Barat memiliki hubungan dengan organisasi di luar negeri. Kelompok itu melakukan propaganda dengan menyebar kabar bohong dan provokasi.

“Ada. Kita sama-sama tahu dari kelompok-kelompok ini ada hubungannya dengan network di internasional,” kata Tito.(YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here