Polres Balikpapan akan segera berganti statusnya menjadi Kepolisian Resor Kota (Polresta). Pengingkatan status ini diharapkan dapat dilakukan pada Agustus mendatang

Oleh: Andrie Aprianto

Poskaltim.com, Balikpapan — Polres Balikpapan akan segera berganti statusnya menjadi Kepolisian Resor Kota (Polresta). Cakupan wilayah serta tingkat kriminalitas dan objek vital menjadi salah satu penilaian untuk meningkatkan status menjadi Polresta ini.

Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Firta menjelaskan, dari penilaian tim Mabes Polri dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) yang dilakukan pada Januari lalu, Polres Balikpapan sejauh ini memiliki catatan yang sangat baik dan layak untuk menjadi Polresta.

Namun mengenai hal kapannya berganti status tersebut Kapolres tidak ingin membocorkannya, tetapi ia optimis Polres Balikpapan memang layak menjadi Polresta.

“Belum tahu kami, doakan saja secepatnya bisa tahun ini. Doakan ya,” ujar Wiwin, Selasa (2/7).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, surat pemberitahuan terhadap peningkatan status menjadi Polresta telah diterima Polres Balikpapan baru-baru ini. Dan dikatakan perubahan status menjadi Polresta akan berlaku pada bulan Agustus mendatang.

Namun saat dipastikan lagi kepada Wiwin, dirinya tidak ingin memberikan kepastian. Wiwin hanya tersenyum sembari menunjukkan optimismenya bahwa status Polresta layak di Balikpapan.
“Insya Allah, doakan saja ya,” ujarnya singkat.

Berubahnya status Polres Balikpapan menjadi Polresta tentu melalui sejumlah proses yang panjang dan beberapa penilaian dari tim pusat. Seperti contoh salah statusnya yakni infrastruktur Polres Balikpapan yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan membuat tim penilai mengacungkan jempol.

“Ada beberapa penilaian untuk meningkatkan status menjadi Polresta dan itu semua sudah dinilai dari tim Menpan dan Mabes Polri dan saat ini mudahan sudah ada hasilnya. Penilaiannya itu bisa dari jumlah penduduk, objek vital, kerawanan kriminalitas maupun aspek-aspek yang lain. Dan Balikpapan memenuhi syarat,” jelasnya.

Meningkatnya status menjadi Polresta membuat Polres Balikpapan juga harus menambah personelnya. Namun sayangnya jumlah personel tahun 2018 lalu justru menurun dibandingkan tahun 2017 lalu. Di mana tahun 2017 personel Polres Balikpapan sebanyak 842 personel.

Seementara di tahun 2018 sebanyak 789 personel, artinya menurun 53 personel. Namun hal ini bukan menjadi halangan baginya untuk bekerja maksimal, pihaknya juga tengah melakukan penambahan personel.

“Walaupun personel kami menurun tetap kami berupaya maksimal. Alhamdulillah ya kami berhasil meraih penghargaan-penghargaan dan itu berpengaruh juga,” ucapnya.(AND/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here