Politikus PKS, Mardani Ali Sera

Oleh: Ahmad ZR / Yuliawan A

Poskaltim.com, Jakarta – Partai Keadilan Sejahtera menyerukan agar pemilihan calon MPR nanti menggunakan merit system, yaitu memilih sosok negarawan terbaik dengan kapasitas dan integritas terbaik. Apalagi menurut politikus PKS Mardani Ali Sera, MPR adalah wadah yang mencerminkan “miniatur Indonesia,” sehingga pemilihan ketuanya bukan sekadar karena faktor senioritas di partai masing-masing.

“Komposisi pimpinan MPR nantinya perlu mewadahi semua elemen. Perlu adanya keterwakilan daerah/DPD, difabel, pemuda, perempuan, hingga segmen nasionalis dan agamis,” kata Mardani, Rabu (24/7).

‪Di atas semua itu, dia menilai partai-partai politik perlu memberi teladan yang baik kepada rakyat bahwa keberadaan mereka di MPR/DPR adalah dalam rangka mewakili dan memperjuangkan kepentingan rakyat serta mewujudkan cita-cita negara. Bukan sekedar rebutan kursi dan kue kekuasaan.

‪”Semoga negara kita memiliki pimpinan MPR yang memiliki kapasitas dan integritas, agar kehidupan berbangsa dan bernegara kita semakin baik, demi tercapainya cita-cita Negara Indonesia yang sudah dicanangkan oleh para bapak pendiri bangsa kita sejak 74 tahun yang lalu,” ujarnya.

Terpisah, Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristyanto menyatakan, penentuan ketua MPR lazimnya berlaku sistem paket. Kendati Koalisi Indonesia Kerja (KIK) memiliki modal 60,7 persen suara di Pemilu 2019, dia tetap mengajak seluruh partai yang lolos ke parlemen untuk mengajukan kader terbaik dan memiliki komitmen dalam menjaga pilar kebangsaan dan kenegaraan.

“PDIP punya komitmen agenda strategis untuk mengembalikan muruah MPR sebagai Majelis Permusyawaratan Rakyat yang punya kewenangan menetapkan konsepsi haluan pola nasional kita,” ujarnya. (YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here