Masyarakat mengenal pisau kunai sebagai senjata para Ninja, seperti yang digambarkan dalam serial anime jepang, Naruto. Kunai digunakan Ninja Jepang bersama senjata lainnya seperti pedang, shuriken, dan paku (cakar) di kaki dan tangan mereka.

Oleh: Anisa Tri K / Yuliawan A

Poskatim.com, Jakarta – Peristiwa penyerangan terhadap Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto yang terkena tusukan senjata jenis Kunai.

Berdasarkan foto yang beredar, senjata berwarna hitam dan terdapat lilitan tali berwarna merah yang digunakan pelaku adalah sepasang pisau kunai. Masyarakat mengenal pisau kunai sebagai senjata para Ninja, seperti yang digambarkan dalam serial anime jepang, Naruto.

Ternyata senjata jenis ini mudah dibeli di pasar daring. Ketika Poskaltim mencoba melakuan pencarian di Lazada.com, senjata kunai jenis plastik dijual dengan harga Rp29.000 per bilahnya. Sedangkan untuk jenis yang berbahan baja seharga dijual dengan harga Rp235.000 sebilahnya.

Sejarah Kunai
Menilik sejarah Jepang, ninja adalah seorang pejuang seni bela diri yang terampil dalam seni spionase, pembunuhan, dan ilusi. Mereka dilatih banyak senjata ninja, termasuk pedang, shuriken, dan paku (cakar) di kaki dan tangan mereka.

Sebagian besar senjata yang digunakan oleh ninja diadaptasi dari alat pertanian. Senjata sederhana ini tidak mahal dan dapat dengan mudah diasah. Melansir swordsswords, Jumat (11/10) pisau kunai hebat yang menawarkan cengkeraman yang cukup untuk memungkinkan pengguna menggunakan senjata dalam pertarungan tangan ke tangan. Pisau juga dapat digunakan untuk pemasangan sebagai pengait atau piton.

Salah satu ujung senjata Kunai, memiliki bilah sementara sisi lainnya memiliki lingkaran dengan lubang bundar. Kunai juga digunakan untuk menghancurkan pagar dan membuat lubang melalui dinding kastil. Jika dinding tidak cukup tebal, ninja dapat mematahkan dinding menggunakan alat ini saja.

Saat bertarung dengan Samurai, mereka bisa langsung menggunakan ini untuk menikam prajurit mereka di perut. Kadang-kadang, ninja menggunakan racun di tepi pedang untuk membunuh lawan mereka. Alat darurat ini digunakan ketika tidak ada pilihan lain.

Meskipun keberadaan Ninja dinilai sebagian orang sebagai karakter fiksi, namun kita dengan mudah bisa membeli senjata dan peralatan mereka di toko-toko daring. Misalnya saja di website https://www.karatemart.com yang menjual sepasang Kunai dengan harga $49.95 atau setara dengan Rp700 ribu. (YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here