Oleh: Azhar AP / Yuliawan A

Poskaltim.com, Jakarta — Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan pelaksanaan 270 pemilihan kepala daerah (pilkada) yang akan digelar di Indonesia pada tahun 2020. Pilkada ini akan digelar serentak pada 23 September 2020.

DAri 270 Pilkada Serentak 2020, sebanyak sembilan provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota akan menggelar secara bersamaan. Hal itu diumumkan KPU saat mengundang perwakilan partai politik (parpol) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di Jakarta, Senin (24/6).

Turut juga dalam undangan tersebut perwakilan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dan LSM pemerhati pemilu. Mereka membahas rancangan Peraturan KPU (PKPU) Tahapan, Program dan Jadwal Pemilihan Serentak 2020.

Berikut daerah-daerah yang akan melaksanakan pemilihan serentak gelombang keempat tersebut di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota seperti dilansir di laman kpu.go.id. Kota Makassar juga termasuk karena pada Pilkada 2018 lalu dimenangkan kotak kosong. Karena itu digelar pilkada ulang pada 2020.

Pilkada di 9 provinsi yaitu:
1. Sumatera Barat
2. Jambi
3. Bengkulu
4. Kepulauan Riau
5. Kalimantan Tengah
6. Kalimantan Selatan
7. Kalimantan Utara
8. Sulawesi Utara
9. Sulawesi Tengah

Pilkada di 37 kota yaitu:

Medan, Binjai, Sibolga, Tanjung Balai, Gunung Sitoli, Pematangsiantar, Solok, Bukittinggi, Dumai, Sungai Penuh, Metro, Bandar Lampung, Batam, Depok, Pekalongan, Semarang, Magelang, Surakarta, Blitar, Surabaya, Pasuruan, Cilegon, Tangerang Selatan, Denpasar, Mataram, Banjarbaru, Banjarmasin, Samarinda, Balikpapan, Bontang, Bitung, Manado, Tomohon, Palu, Ternate, Tidore Kepulauan, Makassar.

Dari 224 kabupaten yang melaksanakan Pilkada 2019 diantaranya adalah Banjar, Tanah Bumbu, Kab Kotabaru, Balangan, Hulu Sungai Tengah, Kutai Kartanegara, Paser, Berau, Kutai Timur, Kutai Barat, Mahakam Ulu.

Begitupun di Kabupaten Bulungan, Nunukan, Malinau, Tana Tidung, Minahasa Utara, Minahasa Selatan, Bolmong Timur, Bolmong Selatan, Poso, Toli-Toli, Tojo Una-Una, Banggai, Sigi, Banggai Laut, Morowali Utara, Pangkajene Kepulauan, Barru, Gowa, Maros, Soppeng, Luwu Timur, Luwu Utara, Bulukumba, Tana Toraja, Kepulauan Selayar, Toraja Utara.(YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here