Persiba Balikpapan tampil sangat agresih dengan menundukkan tamunya Persatu Tuban dengan skor 3-0 pada laga ke 5 Liga II, Minggu (14/7) malam.

Oleh: Andrie Aprianto

Poskaltim.com, Balikpapan — Persiba Balikpapan benar-benar tidak ingin larut dalam kesedihannya setelah pada pertandingan sebelumnya ditundukkan oleh Bogor FC 0-2 pada laga ke 4 Liga II lalu. Kali ini Persiba Balikpapan tampil sangat agresif dengan menundukkan tamunya Persatu Tuban dengan skor 3-0 pada laga ke 5 Liga II, Minggu (14/7) malam.

Sejak peluit babak pertama dibunyikan pasukan Salahudin langsung menyerang bertubi-tubi pertahanan Persatu Tuban. Akhirnya pada menit ke 12 gol pertama tercipta melalui Ismail Haris. Kemudian disusul menit ke 20 oleh Yusuf Effendi yang memanfaatkan bola liar di depan gawang penjaga gawang Persatu Tuban Rully.

Dibabak kedua lagi-lagi Persiba memulainya dengan permainan cepat. Umpan-umpan panjang dilakukan untuk menambah pundi-pundi gol. Namun, dibabak ke dua ini Persiba hanya mampu menciptakan sebiji gol saja pada menit 49 melalui Mardiono yang cerdik “mencungkil” bola ke tiang gawang Rully. Skor 3-0.

Persatu Tuban bukan tanpa perlawanan saat tandang ke Stadion Batakan Balikpapan, namun usaha serangan balik yang menjadi strategi sang pelatih tidak berjalan dengan baik. Bahkan target mencuri poin satu pun gagal, lantaran sejak babak pertama sudah kecolongan gol.

“Kita akui pertandingan berjalan dengan baik. Dari awal kita datang kesini (Balikpapan) hanya menargetkan poin satu. Namun, tadi anak-anak langsung down saat gol sudah tercipta di menit ke-12,” ujar Purwanto, Pelatih Persatu Tuban saat konferensi pers usai laga.

Sementara itu, Salahudin yang tampak sedikit sumringah menjelaskan anak asuhnya telah melakukan instruksi berjalan dengan baik. Bahkan perubahan pemain dibeberapa posisi juga nampaknya berjalan sesuai arahannya.

“Alhamdulillah kita berhasil mengamankan poin penuh mala mini. Laga tadi benar-benar sesuai apa yang telah kita rencanakan saat latihan. Artinya, anak-anak sudah berusaha secara maksimal melaksanakan instruksi yang saya arahkan,” terang Salahudin.

Dengan kemenangan ini posisi Persiba Balikpapan berada di peringkat empat, sedangkan Persatu Tuban berada di peringkat sembilan klasmen sementara Wilayah Timur pada pekan ke lima.(AND/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here