Kontingen Kaltim sedang berlatih olahraga tradisional Bakiak di komplek stadion madya Sempja, Kamis pagi.

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda – Ratusan penari siap memeriahkan pembukaan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) V tahun 2019 Kaltim yang akan dilaksanakan di Stadion Madya Sempaja, Sabtu malam (16/11).

Sore tadi, (Kamis/14/111) ratusan penari dan sejumlah pengisi acara sudah melakukan gladi bersih. Saat ini persiapan acara pembukaan dan pelaksanaan lomba telah mencapai 95 persen.

Hal ini dikatakan oleh Ketua Forum Olahraga Masyarakat Indonesia (Formi) Kaltim, Encik Widiani, yang ditemui di Kantor Gubernur Kaltim, usai menghadap Wakil Gubernur untuk persiapan pelepasan atlet, pada Jumat pagi.

“Tim official, tim wasit dan juri dari Pusat dan sebagian peserta sudah datang ke Samarinda. Usai pelepasan kontingen esok, langsung tehnical meeting dan pertandingan akan segera kita mulai tanggal 16 pagi dan tanggal 16 malam kita lakukan upacara pembukaan,” jelasnya.

Saat upacara pembukaan, akan ada sebanyak 350 orng penari yang akan membawakan tarian tradisional jepen Kutai sebagai salah satu tarian pesisir. Tentunya juga akan ditampilkan tarian lainnya sehingga membuat suasana keberagaman kental terasa.

Encik Widiani menjelaskan jika ada 37 induk organisasi disingkat indor (sama dengan cabang olahraga) ditambah 11 dari KOTI (Komite Olahraga Tradisional dan 6 indor eksebisi, salah satunya adalah parkour.

Encik berharap semua anak sekolah dapat hadir dan melihat karena ini adalah olahraga tradisional. “Kami mohon partisipasi Kepala Dinas untuk sekolah-sekolah agar dapat mengerahkan atau memobilisasi anak-anak untuk menonton kegiatan Fornas ini, karena pasti ada sesuatu hal yang akan menarik dan membuat pengalaman baru anak-anak serta sesuai dengan salam Formi yaitu sehat, bugar, gembira dan luar biasa,” harapnya.

Gelaran Fornas V di Kota Samarinda ini menggunakan empat venue pertandingan, yaitu GOR Madya Sempaja, GOR Segiri, Folder Air Hitam dan Pusat Perbelanjaan Big Mall Samarinda.

Sedangkan atlet dari luar negeri akan turut memeriahkan lomba Barongsai untuk kelas seni dan lomba masing-masing dari negara Malaysia, Singapura, Thailand dan dari pusat asal kesenian Barongsai yaitu Cina.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here