Oleh: Ahmad ZR / Yuliawan A

Poskaltim.com, Jakarta — Kebersamaan dan jalinan persaudaraan antar bangsa penting dirawat untuk kelangsungan bangsa Indonesia. Pengamat politik, Adi Prayitno menilai bangsa Indonesia seharusnya beruntung dapat tinggal di Indonesia dengan beragam suku, agama, ras, dan antargolongan. Indonesia adalah laboratorium dunia dalam belajar menyusun pondasi dari perbedaan politik.

“Banyak negara yang tidak dapat mengatur perbedaan dengan baik. Alhamdulilah, ukhuwah di Indonesia dapat dirawat dengan baik,” kata Adi dalam diskusi kebangsaan dan Deklarasi Cendikia Muda Muslim Indonesia di bilangan Senen, Jakarta, Rabu (25/9).

Ia menekankan bahwa kebersamaan dan jalinan persaudaraan antar bangsa penting dirawat. Jika demikian, integrasi nasional akan tetap kokoh.

“Ada studi perbandingan kenapa suatu negara demokrasi maju yang lain tidak, kuncinya adalah public trust (kepercayaan publik), jangan disepelekan kepercayaan terhadap orang,” kata dia.

Meski begitu, ia menganggap Indonesia tidak dapat selamanya kondusif jika persatuan tidak dapat dijaga dengan baik. Adi menyebutkan berapa banyak kerajaan-kerajaan dan negara besar karena tidak dapat merawat perbedaan, akhirnya runtuh.

“Ada orang yang tidak pernah datang ke makam, tidak pernah qunut, saya biasa saja. Indonesia adalah penyatu antara nilai Islam dengan nilai kebangsaan,” ujarnya.

Sementara, Habib Abdul Qadir Assegaf mengatakan, dalam konteks pemikiran, selama ini banyak intelektual tidak mendapatkan pandangan dan kesempatan positif dari pemerintah. Padahal, kata dia, negara harus hadir dalam mendukung kegiatan-kegiatan intelektual.

“Hari ini adalah langkah awal dari memperjuangkan apa yang sudah diyakini bahwa Islam adalah satu himpunan agar umatnya maju di dunia dan di akhirat,” ujarnya.

Ia berharap unsur pemerintah ke depan mendukung terbentuknya lembaga-lembaga riset sebagai think tank umat. Kewajiban ini juga merupakan pemerintah disamping menjalankan agenda pembangunan infrastruktur, ekonomi dan politik.

“Melalui lembaga ini Insya Allah, banyak temuan-temuan dan karya umat Islam yang dapat diperhitungkan di kancah dunia,” tuturnya. (YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here