Oleh: Andrie Aprianto

Poskaltim.com, Balikpapan — Peran seorang ibu untuk menanamkan rasa cinta Pancasila atau mengembalikan ideologi kebangsaan kepada anaknya, di era globalisasi saat ini dirasa sangat dibutuhkan. Karena seorang Ibu mampu mengarahkan masa depan sang anak.

Tak bisa dipungkiri saat ini budaya Indonesia mulai tergerus, serta lahirnya budaya indiviualistik, untuk itu Ibu perlu mendapatkan ilmu tentang P4 yakni, Pancasila sebagai asas Bangsa Indonesia, Pancasila sebagai ideologi Bangsa Indonesia, Pancasila sebagai falsafah Bangsa Indonesia dan Pancasila sebagai pedoman Bangsa Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Ketua MPR RI Mahyudin, dalam sosialisasi empat pilar kebangsaan yang di adakan oleh Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) DPC Balikpapan, Minggu (31/3).

“Harapan kami pancasila ini menjadi prilaku dari setiap warga Negara, anak bangsa dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat. Tujuan akhirnya kami ingin memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa ini di tengah era globalisasi,” ujar Mahyudin.

Mahyudin menyebut, saat ini banyak tantangan yang mungkin bisa memecah belah bangsa dan merubah budaya yang dulunya gotong royong menjadi individualistik.

“Sekarang ini masyarakat mulai lahir budaya individualis yang kuat, melahirkan rana privat karena rata-rata sekarang memegang smartphone, hoax dimana-mana, adu domda, caci mencaci, ini bukan jiwa orang Indonesia, bukan budaya Indonesian. Kita tergerus dengan budaya yang bukan budaya kita,” terangnya.

Sementara itu Ketua Iwapi DPC Balikpapan, Ernawaty Gaffar mengatakan kegiatan ini sebagai pendekatan ke angota Iwapi tentang ideologi kebangsaan.

“Karena sekarang sudah kurang banget di level kami, terlebih di generasi millennial dan ibu-ibu, makanya kami datangkan Mahyudin supaya kuat ideologinya,” ujar Ernawaty.

Menurutnya, saat ini Pancasila kurang dimaknai dalam kehidupan sehari-hari di semua kalangan, hal ini membuat Iwapi bergerak untuk menekankan ideologi Pancasila, khususnya kepada anggota Iwapi yang notabenenya merupakan kaum hawa.

“Kalau bisa dari ibu-ibu ini bisa menyampaikan ke anak-anaknya, supaya lebih paham arti dari Pancasila dan empat pilar ini,” tambahnya.

Dalam sosialisasi empat pilar ini dihadiri oleh seluruh pengurus Iwapi, pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan organisasi wanita di Balikpapan.(AND/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here