Emas bongkahan yang lazim disebut ‘nugget’ dengan berat 2 Kg itu ditaksir senilai Rp1,5 miliar.

Oleh: Eko P / Yuliawan A

Poskaltim.com, Jakarta – Rezeki nomplok bak mendapatkan durian runtuh menimpa seorang pencari emas local di Australia. Betapa tidak, pria pensiunan di Australia ini tidak bisa tidur nyenyak selama tiga hari setelah menemukan bongkahan emas seberat 2 kilogram. Emas bongkahan yang lazim disebut ‘nugget’ itu ditaksir senilai Rp1,5 miliar.

Pria yang tak mau diungkap identitasnya asal Ballarat, negara bagian Victoria tersebut adalah seorang pencari emas amatir yang beruntung ketika sedang melakukan pencarian di sebuah ladang penggembalaan ternak tua di lokasi yang sekarang sangat dirahasiakan.
Dia menemukan bongkahan emas menggunakan alat pendeteksi logam. Pada penggalian pertama kala alatnya berbunyi, hanya menemukan sebutir peluru timah kaliber 22.

Lantaran berpikir alatnya hanya menemukan sebuah peluru usang, dia pun berencana untuk beranjak – tetapi alat detektor miliknya masih terus berbunyi dan seolah berkeras untuk menunjukan masih ada sesuatu yang lebih jauh di kedalaman tanah.
Dan ternyata, di kedalaman sekitar 30 sentimeter di bawah tanah yang dia gali ditemukanlah bongkahan emas.

Mark Day dari Gold Ballarat mengatakan pria tersebut, seorang penggemar dan pencari emas amatir, telah menerima tawaran USD160.000 atau setara Rp1,5 miliar untuk bongkahan emas yang ditemukannya.

“Dia gemetar, dia tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan emas itu. Dia belum tidur dalam tiga hari ini.” ujar Mark, seperti dikutip ABC News, Ahad(28/7).

Mark Day telah berkecimpung di bidang perdagangan emas selama 25 tahun mengatakan itu adalah nugget terbesar yang pernah ditemukan.
“Lagi pula itu nugget terbesar yang pernah mereka ceritakan pada saya,” katanya.

Ini juga bukan penemuan pertama oleh sang pencari emas itu. Awal tahun ini dia mengaku juga telah menemukan nugget seberat 42 gram.(YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here