Oleh: Nurcholis | Yuliawan A

Poskaltim.com, Putrajaya–Perusahaan konstruksi Malaysia, Olie Scape Holdings Sdn Bhd (OSH) akan terlibat dalam proyek konstruksi untuk jamaah haji Asia Tenggara di Makkah.

Ketua Kelompok Olie Scape Datuk Shahoran Johan Ariffin mengatakan proyek perumahan kotapraja itu diharapkan dapat menampung hingga 300.000 jamaah haji.

“Proyek ini masih dalam pembahasan, namun pemerintah Saudi telah menyetujui rencana untuk pembangunan proyek tersebut,” katanya kepada wartawan setelah penandatanganan nota kesepahaman (MOU) antara OSH dan Pabrik Al-Aaly Untuk Rumah Pabrikan Rumah Prefab Co. Ltd. (AAFPH) hari Rabu dikutip Bernama.

Shahoran mengatakan proyek dalam bentuk rumah bertingkat yang terletak di antara Madinah dan Makkah akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas perumahan termasuk taman.

“Ini juga akan dilengkapi dengan sistem kereta kelas dua, sehingga siapa pun yang tinggal di sana dapat melakukan shalat Saturnus di Madinah dan shalat Asar di Makkah,” katanya.

Dalam MoU itu, Shahoran mengatakan itu untuk fase pertama proyek perumahan Al Kamel di Makkah yang melibatkan 7.000 unit rumah, dari total 30.000 unit di bawah proyek perumahan.

Proyek perumahan 23.000 unit yang tersisa akan ditawarkan kepada OSH setelah perusahaan berhasil menyelesaikan dan mengimplementasikan paket pertama.

“Nilai investasi untuk tahap pertama ini sekitar RM2,4 miliar dan keseluruhan (30.000 unit) diperkirakan berjumlah RM12 miliar,” katanya.

Berdasarkan perjanjian tersebut, Shahoran mengatakan AAFPH akan memasok komponen sistem pembangunan industri (IBS) ke OSH untuk proyek tersebut.

Pada saat penandatanganan MoU, Sahoran mewakili Olie Scape, sementara AAFPH diwakili oleh Ketua Dewannya Sheikh Fahad Alotaibi. (YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here