Warga yang mengungsi akibat rumah mereka terbakar dalam kerusuhan di Penajam beberapa waktu lalu akhirnya dipulangkan karena situasi aman dan pengungsi telah mendapatkan bantuan uang sewa rumah.

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Penajam – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara memulangkan para pengungsi yang kehilangan rumah saat terjadi kerusuhan antar warga di Kecamatan Penajam yang merupakan ibu kota Kabupaten Penajam Paser Utara, beberapa waktu lalu.

Pemulangan dilakukan secara simbolis sejak pagi hingga sore hari ini, Selasa (29/10) oleh Wakil Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Hamdam yang didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten, Tohar dan Kepala Bagian Kesra PPU, Herlambang.

Pengungsi yang berjumlah 94 Kepala Keluarga atau 349 jiwa ini terpaksa diungsikan ke Masjid Islamic Center karena rumah mereka ludes terbakar.

Wakil Bupati Hamdam mengatakan, Pemda PPU juga tidak tinggal diam dengan musibah yang baru saja menimpa masyarakatnya tersebut. Hamdam berharap masyarakat juga harus dapat bersabar, karena bantuan dari pemerintah tentu membutuhkan proses administrasi yang harus dilalui sebelum disalurkan.

Hamdan juga berharap masyarakat yang baru saja mendapat musibah tersebut dapat memetik hikmah dibalik sebuah kejadian ini, dan tidak mengulangi di kemudian hari.

“Biasanya siswa jika akan naik kelas harus melewati ujian. Oleh karena itu mudah-mudahan ini adalah ujian untuk menaikkan kelas bapak-ibu sekalian. Jangan kita berprasangka buruk kepada Allah SWT yang terpenting adalah ikhlas dan sabar dengan cobaan ini,” kata Hamdam.

Sementara itu Asisten II yang juga Plh. Kepala BPBD PPU, Ahmad Usman menjelaskan bahwa korban kebakaran terdiri dari 94 KK atau 349 jiwa ini berada di pengungsian selama 16 hari.

Masing-masing kepala keluarga akan menerima bantuan uang tunai sebesar Rp5.563.000,- serta bantuan lainnya berupa beras, mie instan, pakaian dan sebagainya.

“Bantuan ini diharapkan dapat dijadikan modal sewa rumah selama enam bulan ke depan sambil menunggu bantuan pembangunan tempat tinggal atau rumah yang terbakar,” kata Ahmad Usman. (YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here