Jalan tol pertama di Pulau Kalimantan yang menghubungkan Balikpapan dan Samarinda, akan dioperasikan paling lambat pada Desember 2019.

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda – Pengoperasian jalan tol Balikpapan-Samarinda tampaknya harus tertunda kembali. Awalnya, rencana peresmian oleh Presiden Joko Widodo akan dilaksanakan pada bulan November mendatang. Namun karena belum siap 100 persen, maka dijadwalkan pengoperasian jalan tol pertama di Pulau Kalimantan ini, baru siap pada bulan Desember 2019.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kaltim, Taufik Fauzi, di Hotel Senyiur Samarinda, pada Kamis (24/10).

Dijelaskan Taufik, pada pertemuannya dengan Direktur Jasa Marga di Jakarta beberapa waktu lalu, Dirut Jasa Marga Desi Arryani menyampaikan, jika jalan tol ini baru dapat dioperasikan untuk masyarakat umum paling lambat pada akhir Desember.

Saat ini jalan tol yang terbagi atas lima segmen sepanjang lebih dari 90 Kilometer ini, ditutup untuk siapapun yang ingin melintasinya. Bahkan, Dinas PUPR yang menjadwalkan tinjauan lapangan bersama Humas Setdaprov Kaltim dan sejumlah wartawan pada Jumat esok, harus ditunda dengan waktu yang tidak ditentukan, mengingat rencana kedatangan Presiden Jokowi ke Kaltim pada November mendatang.

Kabarnya jalan tol segmen Balikpapan dan Samarinda diportal dan dijaga oleh Brimob Polda Kaltim, sehingga tidak ada lagi yang boleh melintas secara bebas, sebelum peresmian oleh Presiden Jokowi.

“Prinsipnya kita masih menunggu (dari Jasa Marga) jadi saya tidak dapat berkomentar banyak. Jadi kita tunggu saja, Yang jelas kunjungan bersama wartawan pada tangga 25 Oktober diundur,” ucapnya.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here