Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda – Pemprov Kaltim tengah menggodok Peraturan Gubernur tentang pengaturan kepemilikan tanah-tanah di sekitar kawasan pembangunan ibu kota negara yang rencananya berada di antara Kabupaten Penajam Paser Utara dan kabupaten Kutai Kartanegara.

Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor mengatakan bahwa koordinat penetapan lokasi ibu kota baru tidak dapat dibeberkan dengan alasan untuk menjaga kerahasiaan lokasi dari masyarakat yang ingin mencari keuntungan.

“Jadi untuk koordinat lokasi, saya tidak dapat sampaikan kepada wartawan. Mohon Maaf lahir bathin. Kalau disampaikan maka tuan takur (istilah gubernur yang diartikan sebagai spekulan tanah) akan berkeliaran dan menguasai lahan-lahan warga,” ucap Isran Noor saat jumpa pers tentang pengurangan emisi karbon di Ruang Pandurata, Kantor Gubernur Kaltim, Senin (9/9).

Nantinya, Gubernur akan menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) Pertanahan Khusus Non Komersial yang diperkirakan akan memerlukan lahan seluas 180.000 hingga 225.000 hektare. Luasan ini bukan pedoman dalam pembangunan ibu kota negara. Lahan seluas itu, ujar Isran, tidak dipakai semua untuk pembangunan infrastruktur ibu kota negara, tetapi pemerintah mengamankan lahan seluas tersebut agar tidak dimasuki oleh masyarakat.

“Jadi ini sebagai bentuk antisipasi agar jangan ada orang membeli tanah yang banyak gara-gara akan adanya pembangunan. Yang milik pribadi pun jika termasuk tidak akan dibeli dengan mahal. Bukan diberi kompensasi dengan harga suka-sukanya, tidak. Jadi akan diatur oleh pergub itu. Begitupun dengan di Pemerintah Pusat akan memproses payung hukum di DPR lengkap dengan desainnya,” jelas Isran.

Diterangkan Isran, jika lahan yang akan dibangun ibu kota negara nantinya adalah lahan milik pemerintah. Isran memastikan hal tersebut agar tidak ada spekulan tanah yang bermain dalam penguasaan lahan dan harga- harga di sekitar lahan ibu kota negara.

“Silahkan saja tuan Takur (spekulan tanah) beli dan kuasai tanah kalau mau rugi besar, karena itu adalah tanah negara,” tegas Isran.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here