Oleh: M Aulia Rahman / Yuliawan A

Poskaltim.com, Jakarta – Pemilik kendaraan listrik di wilayah Jakarta dijanjikan keringanan pajak kendaraan, baik untuk mobil maupun sepeda motor listrik. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyatakan bahwa hal tersebut merupakan stimulus agar masyarakat ibu kota mau menggunakan kendaraan berbasis energi terbarukan dan minim polusi.

“Bentuk dorongan kita untuk kegiatan mobilitas berbasis listrik, baik mobil maupun sepeda motor adalah memberikan insentif pajak. Jadi kita sedang menyusun ketentuannya untuk memberikan keringanan seringan-ringannya di aspek pajak,” ujarnya, Ahad (22/9).

Selain itu, pengguna kendaraan listrik bakal mendapatkan diskon parkir dari Pemprov DKI. Saat ini, lanjut Anies, Pemprov DKI sedang dalam pembahasan tersebut.

“Saat ini sedang finalisasi harga parkir dan nanti kita akan memberikan diskon yang amat murah sehingga parkir untuk mobil listrik dan motor listrik menjadi sangat murah. Jadi dibentuk insentifnya,” paparnya.

Anies mengatakan, Pemprov DKI tidak menyubsidi kendaraan listrik, hal itu karena harga kendaraan listrik yang tergolong mahal. Harga pasaran kendaraan listrik merupakan urusan dengan pemilik produk atau sang penjual. Meski demikian, Pemprov DKI mengupayakan skema pembiayaan bagi pembeli kendaraan listrik.

“Nah kita kemarin sempat membicarakan mengenai bantuan, bukan bantuan, tapi skema pembiayaan untuk membeli motor listrik tapi belum final. Nanti kalau sudah final baru disampaikan,” tuturnya. (YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here