Wakil Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud

Oleh: Andrie Aprianto

Poskaltim.com, Balikpapan — Pemerintah Kota Balikpapan terus berupaya mengatasi permasalahan banjir yang belakangan terus dikeluhkan oleh masyarakat. Hal ini disampaikan Wakil Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (11/6).

“Kita sudah bahas pada coffee morning dengan seluruh Kepala Dinas, pemkot akan fokus dipenanganan banjir,” ujar Rahmad Mas’ud.

Lanjut Rahmad, Walikota juga telah menginstruksikan seluruh Lurah dan Camat di masing-masing wilayah untuk mengawasi dan memperketat ijin pemanfataan lahan. Khususnya daerah yang wilayahnya masuk hutan kota ataupun hutan lindung. 

“Kami bersama Pak Sekda tadi menghimbau juga seluruh jajaran kita mulai dari Lurah, juga ada Camat khususnya yang ada di daerah-daerah hutan Balikpapan itu akan kita perketat lagi,” ujarnya.

Selain itu, penanganan banjir dipemukiman warga seperti belakang Hotel Novotel juga akan dikerjakan bulan ini. Walikota Balikpapan Rizal Effendi bahkan, sudah meninjau langsung lokasi yang menjadi titik banjir tersebut.

“Termasuk kita fokus penanganan banjir yang dibelakang Novotel itu, bulan ini juga akan segera dikerjakan. Itu sudah tekhnis, kita tidak lagi bicara soal biaya, kita harus segera esekusi,” jelasnya.

Pemerintah Kota Balikpapan juga akan mengeck langsung bendali-bendali yang ada di perumahan-perumahan, apakah masih berfungsi atau tidak. Karena kalau tidak berfungsi, pengembang harus memfungsikannya untuk mencegah banjir.

“Kita akan cek lagi bendali-bendali yang ada di perumahan-perumahan, kalau itu dinyatakan belum berfungsi, atau kurang berfungsi kita minta kepada perumahan-perumahan yang bersangkutan itu harus difungsikan sebaik-baiknya,” ujarnya.(AND/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here