Walikota Balikpapan Rizal Effendi menyatakan Pemkot Balikpapan akan berkonsultasi ke Mendagri terkait usulan KPU Balikpapan yang meminta honor PPS setara dengan UMR Balikpapan

Oleh: Andrie Aprianto

Poskaltim.com, Balikpapan — Pemerintah Kota Balikpapan saat ini masih mempelajari usulan anggaran untuk pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) Kota Balikpapan pada tahun 2020 mendatang.
Termasuk adanya usulan untuk menaikkan anggaran honor Petugas Pemungutan Suara (PPS) sesuai dengan Upah Minimum Kota (UMK).

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, untuk mengabulkan anggaran yang diajukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pemkot sangat berhati-hati dalam pembahasan maupun persetujuannya, bahkan Pemkot Balikpapan berencana untuk konsultasi kepada Kementerian Dalam Negeri.

“Karena kan nanti anggarannya ada yang dimasukan ke APBD perubahan tahun ini, ada juga yang di APBD 2020. Tapi tetap harus melihat petunjuk dari Permendagri karena harus seragam seluruh Indonesia,” ujar Rizal Effendi usai rapat Paripurna DPRD Balikpapan (9/7).

Lanjut Rizal, jika berdasarkan undang-undang usulan tersebut sangat memungkinkan. Hanya saja kemungkinan pengajuan tersebut pada APBD tahun 2020, termasuk soal usulan adanya asuransi dan penambahan jumlah TPS.

“Kalau di anggaran perubahan kan hanya untuk tahap awal kegiatan KPU. Kalau TPS-nya ditambah, kan anggaran yang harus disediakan bakal tambah besar lagi. Pemilu pada April kemarin aja ada penambahan sekitar 1.000 TPS. Ya, tunggu aja petunjuk dari sana,” jelasnya.

KPU Balikpapan mengajukan anggaran sebesar Rp70 miliar yang mencakup untuk biaya persiapan pelaksanaan di KPU Balikpapan senilai Rp 55 miliar, untuk Bawaslu Rp11 miliar dan aparat keamanan senilai Rp 4 miliar.
Pada tahap awal, Pemerintah Kota Balikpapan akan mengalokasikan dana sebesar Rp 2 miliar untuk pelaksanaan launching Pilkada yang dijadwalkan September 2019 ini.

“Nanti perubahan hanya akan masuk anggaran untuk pelaksanaan launching, sedangkan untuk persiapan Pilwali masih menunggu petunjuk teknis dan akan dimasukan di APBD murni tahun 2020,” tutupnya.(AND/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here