Dr Hj Meiliana

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda — Pemerintah Seychelles, sebuah negara kepulauan yang berada di Samudera Hindia, akan memberikan dana hibah kepada Pemerintah Provinsi Kaltim dalam bentuk bantuan program pengembangan kawasan pariwisata di Kepulauan Derawan, termasuk di dalamnya Pulau Maratua. Hal ini dikatakan oleh Ketua Tim Kerjasama Pariwisata Kaltim-Seychelles, Dr Hj Meiliana, pada Jumat (15/11).

“Besaran bantuan hibah ini masih dalam tahap pembicaraan Pemprov Kaltim sudah beberapa kali mengadakan rapat dengan Pemerintah Seychelles di Jakarta. Kita masih bahas, intinya akan ada bantuan program untuk pengembangan Pulau Maratua sebagai wisata dunia seperti yang dimiliki oleh Seychelles,” ujar Meiliana.

Untuk menjajaki kerjasama ini, Pemprov Kaltim akan melakukan lawatan ke Seychelles dan Maladewa, untuk melihat langsung bagaimana pengelolaan wisata bahari di kedua negara tersebut.

Untuk di Kaltim, kita juga akan adakan Focus Group Discussion membahas pengembangan Kepulauan Derawan dan Pulau Maratua ini. Apalagi kedua kawasan ini tidak masuk dalam 10 destinasi unggulan yang pernah dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata tahun 2018. Sehingga, pemrov Kaltim bekerja keras untuk emngembangkannya secara mandiri tana bantuan Kementerian Pariwisata.

Dijelaskan Meiliana, Pemerintah Seychelles sangat ingin menjadikan Pulau Maratua yang masih terjaga sebagai pariwisata kelas dunia yang memungkinkan pelancong kaya dan berduit dari seluruh dunia tertarik untuk berlibur dalam jangka waktu lama.

“Ini kan memerlukan kerjasama (dengan negara lain) karena Kaltim belum memiliki pengalaman untuk pengelolaan wisata berbasis wisatawan dunia dan kelas atas, seperti yang dikelola negara Seychelles,” ucap Meiliana.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here