Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi, Abdullah Al-Sawaha hari Kamis (1/8), meluncurkan jaringan 5G untuk kemudahan berkomunikasi jamaah dari seluruh dunia.

Oleh: Nurcholis | Yuliawan A

Poskaltim.com, Makkah – Jamaah haji tahun ini benar-benat mendapatkan pelayanan yang lebih memuaskan dari pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Setelah membagikan kartu perdana pada jutaan jamaag haji dari seluruh dunia, Saudi Arabia kini meluncurkan jaringan teknologi 5G.

Jaringan fase kedua dari inisiatif ‘haji pintar’ yang bertujuan untuk menyediakan layanan inovatif bagi para jamaah melalui berbagai bentuk digital.

Upacara pembukaan diresmikan Gubernur Makkah Pangeran Khaled Al-Faisal kemarin, bersama dengan Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi, Abdullah Al-Sawaha hari Kamis (1/8).

Menurut Abdullah Al-Sawaha, peluncuran teknologi 5G di kota suci akan membuat 37 stasiun yang akan dibangun di seluruh Makkah.
Untuk mencapai tingkat jangkauan dan kecepatan tertinggi, jaringan 4G akan tersedia untuk lebih meningkatkan pengalaman digital bagi para peziarah.

“Jaringan 5G adalah bagian dari sektor teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan didukung oleh upaya semua lembaga pemerintah dan organisasi sektor swasta terkait,” katanya dikutip Arab News.

Peluncuran tahap kedua dari inisiatif ziarah yang cerdas juga merupakan kelanjutan dari upaya inovatif kementerian yang dilakukan musim lalu.

Upaya-upaya ini termasuk layanan berkualitas seperti platform pelatihan bagi mereka yang ingin membantu para peziarah, platform realitas virtual untuk membantu para jamaah asing dan platform smartphone untuk memungkinkan para jamaah mengunduh aplikasi. (YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here