Pelabuhan Somber yang sempat menjadi urat nadi penyeberangan Balikpapan-Penajam pada tahun 2014, direncanakan akan beroperasi kembali

Oleh: Andrie Aprianto

Poskaltim.com, Balikpapan — Pemerintah Kota Balikpapan akan kembali mengaktifkan pelabuhan penyeberangan feri Somber yang berada di kawasan Balikpapan Utara. Nantinya, Pelabuhan Somber ini akan dijadikan sebagai pelabuhan untuk rute Balikpapan-Sulawesi dan juga sebagai pelabuhan bongkar muat barang Sembako.

Walikota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, pelabuhan Somber yang ada saat ini masih dianggap layak untuk dioperasikan kembali dan akan berfungsi membantu memecah kepadatan bongkar muat di Pelabuhan Kariangau, Balikpapan Barat.

“Saat ini proses Pelabuhan Somber untuk beroperasi kembali kan masih pada tahap pengurusan izin melalui Dinas Perhubungan Kota Balikpapan. Itu rencana akan digunakan untuk (pelabuhan) tujuan Sulawesi dan bongkar muat (sembako). Kan yang di Kariangau itu sudah mulai padat,” ujarnya.

Lanjut Rizal, saat ini untuk operasional Pelabuhan Somber sudah dalam tahap pengurusan di Kementerian Perhubungan, dan proses ini akan segera selesai sehingga pelabuhan bisa segera dipergunakan kembali. Mengingat pelabuhan Somber memiliki lokasi yang sangat strategis.

“Bisa dimanfaatkan di sana dengan luas dua hektar saya kira itu cukup untuk bongkar muat kapal pengangkut sembako,” jelasnya.

Namun selain akan melakukan penataan di eks Pelabuhan Somber, Rizal juga berencana akan melakukan pengerukan kedalaman landasan kapal feri di sekitar pelabuhan.

Ketika pelabuhan Somber ini beroperasi kembali, akan menjadi salah satu sumber potensial Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kota Balikpapan. Mengingat pelabuhan ini dulunya sangat strategis bagi hubungan antar daerah.

Sejarah pelabuhan Somber berhenti beroperasi pada tahun 2004 karena masalah sengketa lahan. Pelabuhan Somber selama beberapa dekade dipakai untuk menghubungkan Kota Balikpapan dan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara. Jarak tempuhnya pun lebih pendek dari jalur pelayaran yang ada saat ini dipakai oleh Pelabuhan Kariangau saat ini.(AND/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here