Masalah parkir dan pedagang kaki lima menjadi persoalan utama dalam penataan Pelabuhan Samarinda.

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda — Pelabuhan Samarinda yang sejak dulu terlihat kumuh kini mulai ditata kembali. Terutama masalah kantong parkir yang kerap mengganggu badan jalan, terutama saat aktivitas bongkar muat dan turunnya penumpang penumpang kapal.

General Manager Pelabuhan Indonesia IV Cabang Samarinda, Suhadi Hamid Aly mengatakan pihaknya memiliki beberapa gagasan yang akan segera dilaksanakan untuk menata ulang perparkiran di sekitar pelabuhan Samarinda ini.

Suhadi yang baru saja menjabat sebagai Manager Pelindo IV Samarinda menjelaskan pada periode semester kedua tahun anggaran di 2019 ini, dirinya menargetkan untuk mengelola kembali dan menata parkir yang ada di areal pelabuhan dan juga lokasi khusus pedagang.

Lalu lalang kendaraan truk yang mengangkut barang juga menambah kesemrawutan Pelabuhan Samarinda. Akibatnya penumpang kapal yang akan berangkat maupun tiba seringkali mengalah dengan keberadaan truk-truk pengangkut barang ini.
“Kita akan melakukan investasi. Lapangan parkir kita bagi dua yaitu satu di samping KSOP dan juga disamping kantor kami. Kami akan melakukan kerjasama dengan Pemkot Samarinda. Nantinya, kita akan melihat legalitasnya agar sesuai dengan perda dari Pemkot Samarinda,” ujarnya, kepada Poskaltim.com Senin (22/7).

Pihak pelabuhan juga akan melakukan perbaikan dan perombakan pada terminal tunggu penumpang, karena selama ini masih terlihat kumuh dan kurang terurus. Hal ini juga sempat dipantau oleh Direktur Utama Pelindo IV yang sempat memantau pelabuhan tersebut, beberapa waktu lalu.

Selain itu juga pengawasan terhadap truk-truk yang masuk ke pelabuhan akan diperketat dengan menggunakan stiker tanda pengenal. Sehingga truk yang keluar masuk bisa terpantau dan terdata oleh pihak pelabuhan.

“Kita harapkan Pelabuhan Samarinda ini lebih nyaman dan tertata rapi. Jangan sampai kenyamanan penumpang yang datang maupun pergi kurang mendapatkan perhatian,” ucapnya.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here