Pekan Festival Olahraga Rekreasi NAsional akan berlangsung pada 15-18 November di Samarinda. Diperkirakan mulai esok, para peserta mulai berdatangan.

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda – Pelaksanaan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) V yang rencananya akan dihadiri sebanyak 1.500 orang peserta, akan mulai berdatangan ke ibu kota Kalimantan Timur di pekan ini.

Pembukaan Fornas akan berlangsung pada 15-18 November 2019 dan diikuti oleh 34 provinsi di Indonesia. Diperkirakan sejak Senin (11/11), peserta akan sudah mulai berdatangan ke Samarinda.

“Pintu kedatangan Bandar Udara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto Samarinda akan menjadi pintu utama disamping pintu masuk lainnya seperti pelabuhan Samarinda, pelabuhan Kariangau Balikpapan dan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Balikpapan,” tutur Ketua Persatuan Olahraga Masyarakat Indonesia (PORMI) Kaltim, Hj. Encik Widiayani, Minggu (10/11).

Dijelaskannya, upacara pembukaan akan dilaksanakan di Stadion Madya Sempaja. Sedangkan untuk arena pertandingan dilaksanakan di beberapa tempat terpisah, diantaranya GOR Segiri, Folder Air Hitam dan pusat perbelanjaan Big Mall Samarinda.

Seluruh peserta pada Pornas V 2019 di Samarinda ini juga kebanyakan berusia di atas 40 tahun, dengan berbagai induk olahraga yang tidak terlalu melelahkan seperti panahan duduk, gameball, senam kesegaran dan lainnya.

Sedangkan cabang olahraga yang masuk dalam kategori eksebisi seperti begasing, menyumpit, tarik tambang dan belego. Untuk olahraga tradisional ada egrang, asin naga, ular tangga, bakiak, lompat tali, dan lainnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Provinsi Kaltim, Muhammad Sa’bani mengharapkan Samarinda bisa menjadi tuan rumah yang baik dan ramah untuk tamu-tamu dari tanah air ini. Ia berharap, bukan hanya sukses prestasi, tapi juga sukses penyelenggaraan dan sukses ekonomi kerakyatan.

“Ini kan olahraga rekreasi, jadi objek-objek wisata yang ada di Kaltim ini harus juga kita persiapkan. Agar peserta bukan hanya kesini mengikuti lomba, tapi juga berkesan karena objek-objek wisatanya,” harapnya.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here