Oleh: Nurcholis / Yuliawan A

Poskaltim.com, Makkah—Berbagai makanan cepat saji hingga perhiasan buatan Cina, siap menyambut para jamaah haji dari seluruh dunia. Setiap tahun, pedagang Arab Saudi meraup untung besar dari kegiatan haji ini.

“Dagangan sangat laris. Pelanggan adalah orang asing dan berbicara banyak bahasa, “kata Faisal Addais, 41, seorang pedagang Yaman dari sebuah stan yang terletak di sebelah Masjid Haram yang menjual souvenir dikutip Gulftoday.
Untuk mengatasi tantangan bahasa, penjualan sering dilakukan dengan menggunakan kalkulator.

Seorang pedagang yang dikenal sebagai Ali mengatakan penjualan diharapkan meningkat ’empat kali’ selama musim haji, yang tahun ini menarik 2,5 juta peziarah dari seluruh dunia antara Jumat dan Selasa.

Ibadah haji menarik banyak pedagang ke kota suci dan kebanyakan dari mereka menjual hadiah yang berhubungan dengan agama. Termasuk replika Ka’bah buatan Cina dan jam shalat lima waktu serta air zamzam.

“Dimensi agama dan perdagangan selalu dikaitkan dengan Makkah. Ketika mereka datang dari jauh, para peziarah perlu berdagang untuk hidup mereka dan beberapa bahkan kembali ke tanah air mereka, “menurut Luc Chantre, seorang penulis buku tentang haji.

“Apa yang baru adalah bahwa stan bertingkat menggantikan bazaar tua di sekitar Masjid Haram,” kata Luc Chantre, penulis beberapa buku tentang haji di era modern.

Pusat perbelanjaan ber-AC di dekat Masjid Haram menjual berbagai merek mewah, menyambut kehadiran para peziarah yang berkunjung dengan pengecualian waktu sholat.

Selain cendera mata agama, para jamaah ke Makkah juga dapat membeli emas lokal, jam tangan, pakaian, dan lainnya.
Restoran dan cabang restoran cepat saji, baik di jalan sempit atau jalan utama, dibanjiri oleh jamaah sepanjang waktu.

Selain haji, umat Islam di seluruh dunia mengunjungi Makkah untuk melakukan umrah.
Perjalanan keagamaan membawa miliaran dolar ke Arab Saudi setiap tahun – sumber utama kekayaan ketika negara kaya minyak itu mencoba mendiversifikasi ekonominya. (YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here