Ilustrasi Pengolahan Air Minum di Samarinda.(foto:ist)

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda — Jumlah tunggakan air pelanggan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kencana Samarinda yang dilakukan oleh sejumlah perusahaan besar, jumlahnya mencapai Rp138 miliar. Angka ini merupakan akumulasi tunggakan pelanggan selama delapan tahun terakhir, hingga Agustus 2019.

Untuk itu PDAM Tirta Kencana Samarinda mewacanakan, akan menempuh jalur hukum perdata kepada pelanggan yang membandel menunggak.

Kuasa Hukum PDAM Tirta Kencana Samarinda Roy Hendrayanto mengatakan peraturan sanski kepada pelanggan berupa memutus sambungan, dianggap merugikan pihak PDAM Samarinda dan tidak memberi efek jera.

“Dengan adanya kebijakan tunggakan akan dibawa ke jalur hukum diharapkan pelanggan yang merupakan perusahaan swasta akan taat membayar tagihan air, karena kalau tidak, PDAM Samarinda dapat menyita asset milik pelanggan tersebut,” ujarnya di Samarinda, Kamis (17/10).

Roy Hendrayanto menegaskan secara hak dan kewajiban, PDAM Samarinda sudah mewujudkan kebutuhan air bersih masyarkaat dan hak PDAM Saamarinda untuk menagih jasa pelayanan yang diberikan.

Ia juga menambahkan, bahwa sistem ini sebenarnya lebih ditekankan kepada seluruh perusahaan swasta yang menunggak. Menurut data, jelasnya, ada 106 perusahaan swasta yang terancam dibawa ke hukum perdata.

“Paling banyak kami temukan kasus ini pada developer perumahan dan perusahaan swasta. Kalau diliat dari kasusnya sih ini karena pemilik awal yang belum berpindah tangan. Sehingga dibebankan kepada pengguna awal, yang itu bisa dibebankan berdasarkan hukum kepada pemilik awal,” jelasnya.

Roy mengimbau agar warga ataupun perusahaan bisa mengecek pengguna air yang ada saat ini. Kalau belum diganti atau dialihkan, sebaiknya diubah, agar warga yang tidak mengetahui masalah tidak ikut tersangkut kasus yang dapat merugikan ini.

“Meskipun begitu, nantikan ada tahapan hukum sebelum dipersidangan, yaitu, akan dijelaskan terkait kepemilikan pengguna air ini, jika tetap bandel kita sidangkan” jelasnya. (YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here