Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mendapatkan gelar kehormatan dari Sultan Kutai Ing Martadipura ke- 21, Adji Pangeran Prabu Anum Surya Adiningrat. Gelar kehormatan yang diberikan adalah Pangeran Wira Ambara.

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda — Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mendapatkan gelar kehormatan dari Sultan Kutai Ing Martadipura ke- 21, Adji Pangeran Prabu Anum Surya Adiningrat. Gelar kehormatan yang diberikan adalah Pangeran Wira Ambara, artinya “Pangeran yang Berjiwa Ksatria di Angkasa”.

Pemberian gelar ini bersamaan dengan penutupan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105, Komando Distrik Militer (Kodim) 0901/SMD bertempat di Halaman GOR Madya Sempaja Samarinda, Kamis (8/8).

Hadi Tjahjanto mengatakan, penghargaan yang diterimanya merupakan suatu kearifan lokal yang harus dilestarikan. Bahkan, dirinya sangat berterima kasih dan berbangga bisa diberi gelar kehormatan oleh Kesultanan Kutai dalam kunjungannya ke Samarinda.

“Ini adalah amanah bagi saya untuk tetap menjaga dan melestarikan kebudayaan lokal dan budaya adiluhur yang ditinggalkan oleh bangsa kita,” ucapnya kepada awak media, usai acara penutupan TMMD ini.

Kegiatan TMMD ke- 105 Kodim 0901/SMD tahun anggaran 2019 dilaksanakan dengan membangun badan jalan sepanjang satu kilometer dan lebar 6 meter di Kelurahan Lok Bahu, Samarinda.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjono (kiri) didampingi Gubernur Kaltim, Isran Noor dan Pangeran Kutai Adji Pangeran Prabu Anum Surya Adiningrat (kanan)
Panglima TNI menuturkan, pihaknya telah melakukan pembangunan fisik jalan sepanjang satu kilometer yang dulunya merupakan wilayah rawa-rawa, akhirnya kini dapat menghubungkan dua kelurahan yaitu Lok Bahu dan Karang Asam Ulu.

“Sebelumnya, apabila masyarakat melewati wilayah itu, harus memutar sejauh lima kilometer. Kini telah dapat dilalui dengan cepat. Saya berharap warga dapat menjaga hasil pembangunan ini,” harapnya.

Selain kegiatan fisik, dalam TMMD tahun 2019 di Samarinda kali ini juga dilakukan kegiatan non fisik seperti penyuluhan kepada masyarakat tentang bahaya narkoba, bela negara, cinta tanah air, dan meningkatkan animo masyarakat terutama bagi para anak muda untuk bisa menjadi anggota TNI.

‚ÄúDengan telah selesainya TMMD ke-105, kita semua tentunya berharap dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat, apa yang telah dibangun bersama hendaknya dapat dimanfaatkan dan dinikmati oleh masyarakat dalam jangka panjang,” ucapnya.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here