Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo

Oleh: Suandri Ansyah / Yuliawan A

Poskaltim.com, Jakarta — Masyarakat perikanan yang tergabung dalam Jaringan Nelayan Matahari (JNM) mengharapkan agar Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo tidak membuat kegaduhan dalam kebijakannya.

“Semoga kegaduhan-kegaduhan seperti periode sebelumnya tidak terulang. Kami berharap menteri KKP baru, dapat membangun harmonisasi dan kolaborasi dalam bingkai visi besar memajukan kelautan dan perikanan Indonesia”, kata Sekjen JNM, Nanang el-Ghazal, Selasa (29/10).

Sebagai tahap awal, kata Nanang, Menteri Edhy bersedia duduk bersama dan berdialog dengan seluruh stakeholder perikanan dan kelautan. Menyerap aspirasi, membuat peta jalan dalam pembangunan kelautan bersama-sama.

“Pada prinsipnya nelayan dan masyarakat perikanan siap untuk maju bersama. Tinggal dibutuhkan sikap saling percaya dan ruang dialog seluas-luasnya ketika terjadi masalah untuk mencari solusi terbaik secara bersama”, ujar Nanang.

JNM juga memberi masukan kepada kementerian agar fokus dalam melakukan percepatan industrialisasi perikanan. Sektor budidaya perikanan yang selama ini terkesan dikesampingkan harus kembali dikuatkan.

“Sektor budidaya akan menjadi tulang punggung pembangunan perikanan indonesia yang mampu menyerap tenaga kerja secara signifikan,” papar dia.

Menteri Edhy juga diminta melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2016 tentang Percepatan Pembangunan Industri Perikanan Nasional dan Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Rencana Aksi Percepatan Pembangunan Industri Perikanan Nasional.

“Kami berharap KKP periode ini bisa fokus dalam melakukan akselerasi dan scale-up industri perikanan yang mampu berkontribusi secara signifikan bagi peningkatan PDB dan menciptakan pertumbuhan ekonomi inklusif”, tutur anggota Divisi Nelayan MPM PP Muhammadiyah ini. (YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here