Oleh: Anisa Tri K / Yuliawan A

Poskaltim.com , Jakarta – Sampah terutama bahan plastik di laut Indonesia sudah memprihatinkan. Sekitar 70% wilayah Indonesia merupakan lautan. Bentang laut Indonesia dari Sabang sampai Merauke memiliki keanekaragaman hayati yang begitu kaya. Namun, kondisi laut Indonesia.

kini terancam sampah. Dalam catatan KIARA, ada sedikitnya 1,29 juta ton sampah mencemari laut Indonesia setiap tahunnya.
Selama ini kepedulian kita akan laut masih sangat minim. Padahal laut Indonesia merupakan warisan penting bagi generasi selanjutnya.

Untuk menjaga kelestarian bahari, terciptalah sebuah gerakan kolektif independen, bernama Pandu Laut Nusantara. Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti dan sejumlah artis diketahui terlibat dalam aksi sosial ini. Ada Kaka Slank, Hamish Daud, Andien, Yuni Shara, Ibnu Jamil, Kirana Larasati dan sejumlah aktifis kelautan.

“Pencetus gerakan ini adalah Ibu Susi Pudjiastuti” jelas Prita Laura Harahap.

Dengan motto “Bersatu mencintai, merawat, dan menjaga laut nusantara” dideklarasikan di Jakarta, pada 15 Juli 2018 lalu, gerakan ini bertujuan untuk menjaga dan merawat laut Indonesia.

Tahun ini, kolaborasi antara Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama organisasi Pandu Laut Nusantara akan melakukan kegiatan bersih pantai dan laut dengan mengajak masyarakat.

Bertemakan Menghadap Laut 2.0, Pandu Laut Nusantara kembali menggelar acara tahunan. Yakni gerakan bersih-bersih pantai dan laut. Acara ini dibuat untuk merayakan 74 tahun Indonesia, di lebih dari 74 lokasi pantai dari Aceh sampai Papua diseluruh Indonesia. Serta untuk merayakan kelimpahan hasil laut Indonesia.

Seperti tahun sebelumnya, acara ini akan diadakan pada tanggal 18 Agustus 2019. Gerakan Menghadap Laut ini merupakan gerakan kepedulian laut terbesar yg pernah ada di Indonesia, dengan mengedepankan keswadayaan masyarakat.

“Siapapun bisa ikut terlibat dalam acara ini. Komunitas, mahasiswa, masyarakat umum,” Ujar Prita Laura Harahap.

Aksi bersih pantai ini merupakan gerakan sukarelawan. Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi diharapkan membawa karung beras untuk dijadikan wadah sampah.

Saatnya kita peduli akan kebersihan laut. Karena laut sehat adalah sumber kehidupan kita. Mari bergerak sekarang dan pastikan laut kita lestari.(YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here