Mengenal Burung Cendrawasih Kuning Kecil yang Terancam Punah

Papua merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki banyak satwa unggas, salah satunya adalah burung cenderawasih kuning kecil. Burung ini sangat cantik, namun sayang sekali populasinya saat ini hampir punah.

Sebagian orang berpendapat bahwa burung ini mewakili keindahan alam yang ada di
Papua. Mulai dari tubuh mungilnya, paruh, sayap, hingga bagian ekornya sangat menarik untuk dipandang. Sesuai namanya, ukurannya tidak terlalu besar seperti cenderawasih pada umumnya.

Karena keindahan ini, tidak heran jika banyak yang menjulukinya sebagai Bird Of Paradise, atau burung dari surga. Untuk mengetahui informasinya lebih lanjut, mari kita simak ulasan lengkap yang bersumber dari kacer.co.id berikut ini!

Daerah Persebaran Burung Cendrawasih Kuning Kecil

Untuk daerah persebarannya, Burung Cendrawasih Kuning Kecil lebih banyak ditemukan di Papua. Hampir semua daerah dan kawasan hutan merupakan habitat utamanya. Perlu diketahui, ada dua jenis burung dari spesies yang sama.

Selain cenderawasih kuning kecil, ada juga cendrawasih kuning besar. Perbedaan yang paling mencolok dari keduanya yakni ukuran, persis seperti namanya. Untuk jenis yang kecil hanya berukuran sekitar 25 cm hingga 30 cm.

Sedangkan untuk burung cenderawasih besar bisa mencapai 40 cm. Ukuran tubuh ini bukan dari usianya, namun memang pada dasarnya berbeda jenis. Keduanya sangat cantik, namun yang terlihat imut dan menggemaskan adalah cenderawasih kecil.

Ciri Fisik Cendrawasih Kuning Kecil

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai burung cantik ini, anda bisa melihat ciri fisiknya. Pertama bisa dilihat dari paruh yang kecil dan ukurannya cukup panjang. Warna paruh ini juga terlihat cantik, yakni abu-abu kebiruan.

Baca Juga :   Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A73 5G

Sedangkan untuk tubuhnya sendiri didominasi oleh warna cokelat yang tidak terlalu gelap. Warna kuning terdapat pada bagian ekor dengan perpaduan warna cokelat yang terlihat sempurna. Untuk membedakan jantan dan betina, anda bisa melihat ukuran tubuhnya, jantan lebih besar.

Makanan Burung Cendrawasih Kuning Kecil

Tidak jauh berbeda dengan burung yang berhabitat di hutan pada umumnya, Burung Cendrawasih Kuning Kecil juga memakan buah-buahan segar. Selain itu, ada juga yang ditemui sedang memakan serangga kecil.

Pada saat musim kawin, burung ini membuat sarang diatas pohon tinggi dan rindang. Tujuannya untuk melindungi telur dan buah anaknya dari ancaman predator. Pasalnya, banyak yang memakan telur burung ini, diantaranya adalah ular dan biawak.

Ada keunikan yang sangat indah ketika musim kawin, burung jantan akan menarik perhatian betina. Pada saat itulah sang jantan mengembangkan ekornya dan menari untuk memikat betina. Ini dilakukan secara bersamaan dengan burung jantan lain dalam satu koloni.

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa ada beberapa perbedaan yang mencolok dengan jenis Cendrawasih lainnya. Salah satunya adalah dari segi ukuran, karena Burung Cendrawasih Kuning Kecil sangat kecil dan terlihat imut menggemaskan.

Related posts