Oleh: Herry M Joesoef

Poskaltim.com, Jakarta – Dosa-dosa kecil, jika dibiarkan dan terus bertambah, tentu akan menyengsarakan pelakunya. Penegasan tersebut disampaikan oleh Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi wa Sallam dalam sebuah hadits, “Dan sungguhh, dosa-dosa kecil itu, kapan saja pelakunya menemui ajalnya, maka dosa-dosa itu akan menghacurkannya.” (HR. Imam Ahmad).

Kuatnya dorongan nafsu dan lemahnya iman seseorang, akan memudahkan setan menjerumuskan si empunya. Oleh sebab itu, Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi wa Sallam memberi solusi agar kita selalu beristighfar, setiap saat, dan dimaa pun berada. Dalam diam dan bekerja, lantunan istghfar sebaiknya terus dikumandngkan. Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah mengatakan, bahwa dalam sehari semalam, beliau beristighfar selama 70 atau 100 kali. Itu bagi beliau yang maksum dan selalu dijaga oleh Allah, setiap saat dan dimana pun beliau berada.

Bagaimana dengan kita? Makhluk yang setiap saat bisa saja melakukan kesalahan dan kemaksiatan? Beristghfar sebanyak-banyaknya, tidak ada bilangan jumlah, tempat, dan waktu. Beristighfarlah sebanyak-banyaknya. Ingatlah pesan Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi wa Sallam berikut ini, “Barangsiapa yang melazimkan istighfar maka Allah akan memberikannya solusi dari setiap masalahnya, jalan keluar dari setiap kegundahannya, dan Allah memberikan rezeki dari sisi yang tidak ia sangka-sangka.” (HR Imam Abu daud, Ibnu Majah, dan Hakim)

Ada solusi, jalan keluar setiap ada persoalan, dan rezeki dari arah yang tak pernah ia bayangkan. Istighfar yang banyak ini tentu akan membersihkan diri dari dosa dan noda, dan ini akan memberi catatan tersendiri di buku pencatat amalan. “Sungguh berbahagia orang yang mendapatkan di buku catatannya istighfar yang banyak.” (HR. Imam Ibnu Majah)

Istighfar yang banyak itu akan menghapus dosa-dosa kita. Dan, orang yang dosa-dosanya dihapus itu bagaikan bayi yang baru lahir, suci-bersih. Mereka inilah yang akan berjalan menuju surge tanpa halangan. Karena itu, perbanyaklah istighfar, hidup kita akan berkah. Orang-orang yang diberkahi itu akan mendapatkan berbagai kemudahan, termasuk rahmat untuk menuju surganya.

Jika jiwa ini bersih, tidak ada tempat lain di akhirat kelak, kecuali menjadi penghuni surge. (HMJ/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here