Deklarasi damai beberapa waktu lalu menjelang Pemilu Serentak 2019. Dengan deklarasi semua pihak, terbukti Kaltim mampu menjaga keamanan dan kedamaian Kaltim

Oleh: Andrie Aprianto

Poskaltim.com, Balikpapan — Kepolisian Daeah Kalimantan Timur (Polda Kaltim) merencanakan akan melaksanakan deklarasi besar bertempat di Lapangan Merdeka Balikpapan. Tujuan dari deklarasi besar-besaran ini adalah untuk merespon kondisi politik nasional saat ini.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Kaltim Kombes Ade Yaya mengatakan, diperkirakan dalam deklarasi ini akan diikuti oleh puluhan ribu warga Kalimantan Timur di Lapangan Merdeka Balikpapan. Bahkan Kapolda, Pangdam, Unsur Forkominda beserta para tokoh di Kalimantan Timur juga bakal hadir menyerukan pernyataan damai.

“Deklarasi bertajuk ‘Kami Menolak Kerusuhan’ ini akan dirangkai dalam giat Gerak Jalan Santai di Kalimantan Timur, Minggu (23/6). Momentumnya pas dengan Hari Bhayangkara ke 73. Tujuannyakan untuk mewujudkan situasi yang kondusif di Kaltim ini,” ujarnya, Sabtu (22/6).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Kaltim Kombes Ade Yaya
Seperti diketahui, saat ini proses persidangan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum masih berjalan di Mahkamah Konstitusi (MK). Ade menyebutkan, jika selama proses sidang ini suasana di Kaltim masih terpantau kondusif.

“Sementara tidak ada hal yang dikhawatirkan, tentu ini yang terus kita jaga bersama. Kondusiftas. Kita serahkan hasilnya kepada proses yang sedang berlangsung,” jelasnya.

Ade menambahkan, saat ini operasi sandi Mantap Bhrata pun masih berlangsung. Dimana pasukan Sat Brimob Polda Kaltim tetap disiagakan di Jakarta sebagai pasukan Bawah Kendali Operasi (BKO) Polda Metro Jaya.

“Backup Polda Metro Jaya menunggu situasi politik landai, karena proses sidang masih berlangsung,” jelasnya.

Demi menciptakan kondusifitas di Kaltim serangkaian kegiatan Kepolisian juga terus dilakukan diantaranya meningkatkan silaturahmi dengan para tokoh agama, tokoh adat serta tokoh masyarakat di Kaltim.

Berikut bunyi Deklarasi ‘Kami Menolak Kerusuhan’ di Kalimantan Timur :

KAMI MASYARAKAT KALIMANTAN TIMUR, MENYATAKAN :
1. MENERIMA APAPUN HASIL KEPUTUSAN MAHKAMAH KONSTITUSI AGAR KALIMANTAN TIMUR TETAP AMAN DAN DAMAI.
2. MENOLAK SEGALA BENTUK KERUSUHAN YANG BISA MENGGANGGU KONDUSIFITAS KALIMANTAN TIMUR.
3. TETAP MENJAGA PERSAUDARAAN, PERSATUAN DAN KESATUAN DALAM BINGKAI NKRI.(AND/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here