Oleh: Prima Prabowo / Yuliawan A

Poskaltim.com, Jakarta – Saat memasuki bulan November, hamper di seluruh wilayah Indonesia mulai memasuki musim penghujan. Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemkes) Anung Sugihantoni mengingatkan untuk mengantisipasi penyakit yang muncul saat memasuki musim hujan atau musim penghujan.

Dua penyakit yang perlu diwaspadai selama musim pancaroba menuju musim penghujan adalah leptospirosis dan demam berdarah dengue (DBD). Leptospirosis adalah penyakit akibat bakteri Leptospira sp. yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia atau sebaliknya.

“Pada saat masuk musim penghujan yang kemungkinan akan terjadi adalah banjir dengan segala implikasinya, nah salah satunya penyakit leptospirosis yang kita ingatkan kemudian tinggalan dari sisa air adalah DBD, yang juga kita sudah ingatkan untuk antisipasi rekan-rekan semuanya,” kata Anung kepada wartawan di Kementerian Kesehatan, Jakarta, Senin dikutip Antara.

Anung menuturkan pihaknya telah mengarahkan dinas-dinas kesehatan dan fasilitas kesehatan di daerah untuk melakukan kegiatan promotif dan preventif termasuk menginformasikan ke masyarakat dan menyediakan fasilitas yang cukup untuk memberikan pelayanan.

Dia telah menyampaikan kepada seluruh fasilitas kesehatan di daerah untuk memeriksa ketersediaan obat sehingga memaksimalkan pelayanan di masa mendatang. “Sekarang ini justru relatif cukup banyak obat-obatan yang ada di puskesmas,” ujarnya.

Dia mengatakan bertambahnya kasus DBD biasanya memasuki musim penghujan, untuk itu langkah antisipatif harus gencar dilakukan. Dia juga mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan. (YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here