Panitia kurban di Masjid Istiqlal Jakarta membagikan 5.000 besek yang berisikan daging kurban.

Oleh: M Aulia Rahman / Yuliawan A

Poskaltim.com, Jakarta — Panitia kurban di Masjid Istiqlal Jakarta membagikan 5.000 besek yang berisikan daging kurban. Penyaluran daging hewan kurban itu teruntuk masyarakat ibu kota yang berhak menerima atau golongan mustahik.

Kepala Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, mengatakan agenda yang selesai pukul 19.03 WIB itu selesai tanpa hambatan. “Ini baru selesai pendistirbusian. Lancar, Alhamdulillah gak ada masalah sampai selesai,” ujarnya kepada Indonesiainside.id.

Ia menambahkan bahwa pembagian daging kurban tersebut berdasarkan imbauan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Dalam pembagiannya, panitia kurban Masjid Istiqlal menggunakan besek atau wadah yang terbuat dari bambu pengganti plastik.

“Ya, sekitar 5.000 besek berisikan daging kurban sesuai dengan instruksi pak Gubernur,” imbuhnya. Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menerbitkan seruan tentang pemotongan hewan kurban dalam rangka Hari Raya Umat Muslim tersebut.

Salah satu imbauannya adalah menggunakan wadah yang dapat didaur ulang serta ramah lingkungan dan tidak memakai plastik sekali pakai. Kamis (25/7) lalu, Imbauan gubernur terbit dengan Nomor 4 Tahun 2019 yang ditandatangani langsung oleh Anies.

Tertulis seruan itu sejalan dengan pelaksanaan Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 47 Tahun 2014 tentang pengelolaan sampah untuk mencegah kerusakan lingkungan. “Tidak dari plastik yang sekali pakai tapi menggunakan bahan-bahan yang bisa didaur ulang,” tulis Anies dalam surat tertulis yang dikutip Indonesiainside.id.

Seruan tersebut ditujukan kepada para alim ulama/pimpinan lembaga keagamaan Islam, panitia kurban, dan masyarakat. Pemprov DKI menyerukan agar panitia kurban menjaga dan mengendalikan kebersihan lingkungan di tempat penampungan penjualan dan pemotongan hewan kurban, lalu mengelola limbah pascapelaksanaan kegiatan kurban. (YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here