Masih ada lebih dari 6 ribu warga Balikpapan yang belum melakukan perekaman e-KTP

Oleh: Andrie Aprianto

Poskaltim.com, Balikpapan — Baru-baru ini, Mahkamah Konstitusi (MK) telah memutuskan bahwa e-KTP dan Surat Keterangan (Suket) pengganti e-KTP merupakan syarat wajib bagi pemilih di Pemilu 2019. Artinya untuk menyoblos nanti tak harus menggunakan e-KTP, namun bisa juga menggunakan Surat Keterangan (Suket e-KTP).

Pemkot Balikpapan pun memberi kemudahan bagi masyarakat yang ingin membuat Suket e-KTP. Bahkan setiap Sabtu dan Minggu, warga Kota Balikpapan bisa membuat Suket e-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan.

Plt Kepala Disdukcapil Kota Balikpapan, Hasbullah Helmi mengatakan, untuk bisa memdapatkan Suket e-KTP, warga harus melakukan perekman e-KTP terlebih dahulu.

Plt Kepala Disdukcapil Kota Balikpapan, Hasbullah Helmi
Nantinya, pihak Disdukcapil akan memberi Suket e-KTP sebagai pengganti sementara e-KTP yang masih dalam proses pembuatan. “Surat keterangan itu terbit setelah perekaman e-KTP,” ujarnya.

Nah, untuk melancarkan pembuatan Suket e-KTP, Disdukcapil Balikpapan menambah hari jam kerja, yang biasanya Suket e-KTP dibuat pada Senin hingga Jumat, kini bisa dibuat pada hari Sabtu dan Minggu.

“Biar masyarakat bisa mendapatkan Suket kita perpanjang hari pelayanannya. Kan biasa Senin-Jumat sekarang Sabtu-Minggu juga kita layani,” ujarnya.

Namun perpanjangan hari tersebut hanya berlaku sebelum Pemilu 2019 digelar. Hal ini dilakukan agar semua masyarakat Balikpapan bisa menyalurkan hak suaranya pada Pemilu 2019 mendatang. Setelah Pemilu akan dilakukan pada hari kerja normal.

“Di sini masih ada enam ribu orang yang belum merekam. Jadi hari Sabtu dan Minggu, tanggal 6 dan 7 April, kemudian tanggal 13 dan 14 April, kita akan membuka di kantor khusus perekaman saja,” tambahnya.

“Jadi yang belum merekam e-KTP, ayo buat, hari Sabtu dan Minggu kita buka layanan,” terangnya.(AND/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here