Kerajaan arab Saudi melaksanakan sholat Idul Fitri pada hari ini, Selasa 4 Mei 2019

Oleh : Eko P/ Yuliawan A

Poskaltim.com, Jakarta — Berbeda dengan Indonesia yang baru akan melaksanakan shalat Idul Fitri pada Rabu, 5 Mei 2019, di Makkah Al Mukaromah hari ini sudah merayakan Lebaran 2019 atau Idul Fitri 1440 Hijriah.

Perayaan Idul Fitri itu didasarkan pada fakta Imam sholat Tarawih pada Ahad (2/6), Imam Sudais telah mengkhatamkan juz ke-30 dan dilanjutkan doa khatam Al Quran. Sudah menjadi pertanda secara umum, jika bacaan imam sholat Tarawih menyelesaikan juz ke-30, maka keesokan harinya adalah puasa terakhir dan paginya mengerjakan sholat Ied atau merayakan Idul Fitri 1440 Hijriah.

Dalam pantauan INI Network, pada hari Selasa (4/6) dinihari pukul 01.15 WIB atau Senin malam waktu setempat (Arab Saudi), siaran langsung sholat Isya di Makkah, yang biasanya diteruskan dengan sholat Tarawih berjamaah namun tidak dengan malam ini.

MAsjidil Haram sudah melantunkan kalimat takbir dan tahmid, setelah sebelumnya didahului dengan khutbah dari salah satu Imam yang menyatakan berakhirnya bulan Ramadhan 1440 Hijriah. “Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar Walillahilhamdu,,,” . Gema takbir pun menggema di masjid yang menjadi kiblat bagi umat Islam di seluruh dunia ini.

Hari ini sekligus mempertegas bahwa 1 Syawal 1440 Hijriah, jatuh pada tanggal 4 Juni 2019. Besok, umat Islam di Makkah bakal melaksanakan sholat Ied.

Di Makkah pengumuman jatuhnya 1 Syawal berbeda dengan di tanah air.
Patokannya adalah para mufti atau ulama, jika bacaan juz sudah selesai atau khatam 30 juz maka sudah dapat dipastikan besoknya adalah Idul Fitri.

Berbeda di Indonesia yang menunggu munculnya bulan atau biasa dikenal dengan rukyatul hilal. Atau, menunggu pengumuman pemerintah melalui Kementerian Agama yang biasanya didului dengan sidang Isbat.

Nah, pada sidang Isbat yang berlangsung Senin sore di Kementerian Agama diputuskan jika 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada Rabu (5/6/2019). (EJP/YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here