Oleh: Nurcholis / Yuliawan A

Poskaltim.com, London-Seorang anak laki-laki berusia 17 tahun kehilangan penglihatannya setelah hanya hidup dengan makan kentang goreng, ham (daging babi) olahan dan Pringles (sejenis keripik kentang) akibat kekurangan vitamin.

Remaja asal Bristol, yang sekarang berusia 19 tahun ini belum pernah makan buah atau sayuran dalam satu dekade, kutip Dailymail.

Sejak sekolah dasar, satu-satunya makanan hariannya hanya sepiring keripik yang ditemani sosis goreng, Pringles, sandwich dan sesekali ham.

Sejumlah tes mengungkap, ia tengah mengalami kekurangan vitamin dan gizi yang sangat parah, kutip BBC.

Anak laki-laki yang namanya tidak bisa dipublikasikan itu telah berkonsultasi ke dokter umum di usia 14 tahun karena mengeluh lelah dan tidak enak badan.

Hasil diagnosis menunjukkan, ia tengah mengalami kekurangan vitamin B12 dan diberikan suplemen. Meski demikian dia tidak menjalani perawatan dengan konsisten dan justru meneruskan pola makan yang tidak sehat.
Setelah tiga tahun, dia dibawa ke Rumah Sakit Mata Bristol karena penglihatannya semakin buruk, lapor jurnal Annals of Internal Medicine.

“Menu makanan dia sehari-hari utamanya seporsi kentang goreng dari lapak fish and chip setempat. Dia juga mengemil keripik—Pringles—dan kadang kala sepotong roti putih dan sesekali seiris ham. Tapi sama sekali tidak ada buah dan sayur,” kutip Dr Denize Atan, yang menangani remaja itu di rumah sakit.

“Menurutnya itu karena dia menghindari tekstur makanan tertentu yang dia benar-benar tidak bisa tolerir. Sehingga keripik dan kentang goreng adalah jenis makanan yang dia inginkan dan bisa dia makan,” papar Dr Atan dikutip BBC.

Dr Atan dan kolega-koleganya mengecek kembali taraf vitamin remaja tersebut dan menemukan bahwa dia kekurangan B12 serta vitamin-vitamin dan mineral-mineral penting lainnya, seperti tembaga, selenium, serta vitamin D. (YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here