Gibran Rakabuming, putra Presiden RI Joko Widodo akan bertarung dalam pemilihan Wali Kota Solo. Namun, tekad majunya Gibran ini berpotensi menciptakan dinasti politik di era Jokowi-Ma’ruf.

Oleh: Muhajir / Yuliawan A

Poskaltim.com, Jakarta – Gibran Rakabuming, putra Presiden RI Joko Widodo akan bertarung dalam pemilihan Wali Kota Solo. Namun, tekad majunya Gibran ini berpotensi menciptakan dinasti politik di era Jokowi-Ma’ruf.

Pengamat Politik, Hendri Satrio, mengatakan, jika Gibran terpilih menjadi wali kota karena menggunakan fasilitas Jokowi, maka masuk ke dalam kategori dinasti politik dan itu merusak nama Jokowi sendiri.

Menurut dia, langkah Gibran terjung ke dunia politik bisa menorehkan tinta negatif sejarah. Ini karena Gibran Maju saat ayahnya, Jokowi, masih memimpin Indonesia.

“Sekarang terserah Gibran tetap mau menjaga tinta positif sejarah Indonesia dalam berpolitik bagi Jokowi tentunya, atau berkontribusi menorehkan tinta negatif untuk ayahnya,” kata dia, Selasa (29/10).

Dia mengatakan, sejak Indonesia berdiri sampai saat ini belum ada anak presiden yang ikut dalam pesta demokrasi. Bahkan, pada era pemerintahan Presiden Soeharto tidak ada anaknya yang maju ke dalam kontestasi politik.

“Karena akan dicatat oleh sejarah sebagai presiden pertama yang anaknya maju ke perhelatan pilkada sebagai Walikota. Belum ada itu, Pak Harto aja 32 tahun nggak kayak gitu,” kata dia ketika dikonfirmasi melalui WhatsApp.

Melalui PDI Perjuangan, Gibran rancangan akan maju di Pilwalkot Solo 2020. Putra Jokowi ini bahkan sudah menemui Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, untuk menyampaikan niatnya tersebut.

“Itu saya tidak pernah berkata kepada siapa pun, di mana pun, kalau saya akan maju lewat independen. Saya sudah punya KTA PDIP, saya akan berjuang melalui PDIP juga,” kata Gibran pada Kamis pekan lalu.

Meski telah mengatakan keseriusan, rencana Gibran itu masih menemui beberapa kendala. Di antaranya DPC PDIP Solo telah memiliki calon yang diusulkan untuk dimintakan rekomendasi ke DPP. Calon tersebut yakni Achmad Purnomo-Teguh Prakosa.(YAN/INI Net)
work

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here