Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda — Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Kaltim kerjasama Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kaltim menggelar Lomba Cipta Menu dalam Festival Pangan Lokal Beragam Bergizi Seimbang Aman (B2SA) di Pendopo Odah Etam, Kamis (8/8).

Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim H. Ibrahim mewakili Gubernur Kaltim Isran Noor, membacakan sambutan tertulis yang mengingatkan bahwa jangan menjadikan tubuh sebagai pabrik gula.

‘Maksud dari ucapan ini adalah mari sejak saat ini kita mulai beralih kepada pangan yang sedikit gula dengan cara mengurangi konsumsi makanan yang berasal dari padi-padian, seperti nasi,” ucapnya.

Terbukti, lanjutnya, dewasa ini banyak orang menderita penyakit gula (diabetes), obesitas atau kelebihan berat badan, kolesterol dan tekanan darah tinggi yang menyebabkan stroke.

Salah satu upaya pemerintah untuk memberi pemahaman tentang kesehatan adalah dengan menggalakkan diversifikasi pangan atau penganekaragaman konsumsi pangan, selain bahan beras.

“Karenanya, Gubernur berharap lomba mampu menciptakan dan menghasilkan menu baru yang terbaik, yakni memenuhi unsur B2SA,” ungkap Ibrahim.

Sementara Ketua TP PKK Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor mengemukakan PKK sudah melakukan kerjasama dengan berbagai perangkat daerah di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota. Khususnya dalam upaya ikut menyukseskan program pemerintah untuk peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat Kaltim.

“Lomba ini salah satu implementasi kerjasama program kami dengan Dinas Pangan Tanaman Pangan Hortikultura sebagai dewan penyantun PKK. Semoga kegiatan ini berimbas positif bagi kesejahteraan dan kesehatan keluarga,” ujar Hj Norbaiti.

Lomba ini diikuti sembilan TP PKK kabupaten dan kota di Kaltim. Festival kali ini dimenangkan oleh PKK Balikpapan sebagai juara pertama dan berhak mewakili Provinsi Kaltim diajang Lomba Cipta Menu (B2SA pada Hari Pangan Sedunia Tahun 2019 di Kendari Sulawesi Tenggara, pada Oktober mendatang.

Selain Balikpapan, juara kedua dan ketiga diraih masing-masing TP PKK Berau dan Samarinda. Menyusul juara Harapan I, II dan III diperoleh TP PKK Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Penajam Paser Utara, Paser dan Kutai Barat serta Kota Bontang.

Sedangkan juara Produk Olahan Pangan Lokal Komersial diraih Kabupaten Berau, Balikpapan dan Samarinda masing-masing juara pertama, kedua dan ketiga.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here