Warga diingatkan akan ancaman sengatan ikan pari yang mulai banyak terlihat si beberapa pantai di Balikpapan

Oleh: Andeie Aprianto

Poskaltim.com, Balikpapan — Memasuki liburan sekolah, banyak orang tua biasanya mengajak putra-putrinya untuk menikmati liburan. Bagi warga Balikpapan dan sekitarnya, liburan dan berenang di pantai merupakan salah satu pilihannya.

Namun warga diikatkan dan harus hati-hati serta waspada akan bahaya terinjak ekor ikan pari yang bersembunyi di pasir. Saat ini di pantai Balikpapan banyak terdapat ikan Pari Whiptail Stingrays yang ekornya mengandung racun.

Kordinator TPI Klandasan Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (DP3) Hery Seputro mengatakan, banyak orang yang tidak tahu, dan mengangap hal ini sepele. Padahal terkena racun dari ekor ikan pari menjadi ancaman serius bagi siapapun yang terinjak.

“Sekalipun masih anakan, tapi jenis ini sudah punya ekor yang bertaji sehingga memiliki racun atau bisa. Orang yang kena sengatannga bisa panas dingin,” ujar Hery.

Lanjut Hery, habitat ikan pari jenis ini paling suka berada di pantai yang berpasir. Hal ini bisa saja terjadi di Pantai Manggar, Pantai Kemala Beach dan Pantai Lamaru. Sehingga dirinya menghimbau warga untuk waspada dan berhati-hati.

“Jika terkena sengatannya, liburan bisa berubah menjadi bencana karena ikan pari itu. Habitatnya pari ini di pantai yang berpasir,” jelasnya.

Hery menambahkan, jika warga terkena sengatannya untuk langkah pencegahan sangat sederhana sekali, seperti menggunakan alas kaki seperti sepatu selam, atau booties.

“Pencegahannya bisa gunakan sepatu selam atau jika sudah kena langsung dibawa ke Puskesmas terdekat untuk mendapatkan suntikan anti racun,” terangnya.(AND/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here