By : Andrie Aprianto

Balikpapan, Poskaltim.com — Pemerintah Kota Balikpapan berencana akan membangun ruang terbuka hijau (RTH) di lahan eks Pusat Kegiatan Islam (Puskib) Balikpapan yang telah kosong selama beberapa tahun terakhir.

Beberapa tahun silam, Pemko Balikpapan melalui Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, lebih dulu mengeluarkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di lahan tersebut untuk pusat bisnis dan perbelanjaan berupa Supermal.

“Inikan agak unik juga, yang memberi izin untuk mendirikan supermal itu kan wali kota (Rizal Effendi). Sekarang ada usulan dari wali kota agar lahan itu jadi RTH, terserah wali kota saja lah,” ujar Hadi Mulyadi saat ditemui di Hotel Novotel Balikpapan, Sabtu (16/3).

Diakui Hadi Mulyadi, kebijakan Pemko Balikpapan ini membuat Pemprov Kaltim menjadi kebingungan. Karena IMB unutk supermall telah diterbitkan namun dikemudian hari berubah niat untuk dijadikan ruang hijau daripada terus terbengkalai hingga saat ini.

Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi saat memberikan keterangan tentang lahan eks Puskib Balikpapan
Menurutnya, keinginan untuk membangun RTH ini adalah keputusan yang harus didukung walaupun Pemko pernah mengeluarkan IMB dan kemudian dibatalkan kembali karena banyaknya penolakan oleh masyarakat.

Meski begitu, dirinya memastikan, tidak akan mempermasalahkan jika Pemkot Balikpapan akan membangun RTH di lahan terset, karena Pemprov Kaltim siap mengeluarkan ijin membangun RTH. Apalagi ruang hijau di Balikpapan, masih perlu diperbanyak lagi.

Namun Hadi mengingatkan Pemko Balikpapan untuk mencabut IMB Supermall terlebih dahulu untuk seterusnya dibangun RTH. Ini untuk menghindari permasalahan hukum di kemudian hari, jika dipermasalahan oleh pengusaha yang menerima IMB tersebut.

“Perusda yang bekerjasama dengan investor pembangunan supermal harus memutus dulu kerjasama itu. Kalau enggak nanti akan ada tuntutan hukum ke Provinsi, akan jadi pertanyaan lagi. Putus dulu baru kita serahkan,” jelasnya.

Sementara lahan yang luasnya lebih dari lima hektar ini awalnya akan dibangun supermall sebagai pusat bisnis dan perkantoran baru di Balikpapan. Tanah ini juga merupakan aset Pemprov Kaltim yang diserahkan kepada pihak ketiga yakni Perusda Melati Bhakti Satya untuk dikelola menjadi usaha pusat perbelanjaang dan bisnis.(AND/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here