Sebanyak 1.000 orang penumpang menaiki KRI Makassar milik TNI AL dari Balikpapan menuju Surabaya

Oleh: Andrie Aprianto

Poskaltim.com, Balikpapan — Sebanyak 1.000 warga Balikpapan dan sekitarnya yang beruntung mendapatkan tiket gratis tujuan Kota Surabaya menggunakan kapal KRI Makassar 590, Sabtu (1/6) sore telah diberangkatkan dari Pelabuhan Semayang Balikpapan, sekira pukul 16.30 Wita.

KRI Makassar 590 yang memiliki panjang 125 meter dan lebar 22 meter, sebelumnya sandar di Pelabuhan Semayang Balikpapan pada Sabtu (1/6) pagi.

Komandan KRI Makassar 590 Kolonel laut (P) Anton Pratomo mengatakan, KRI Makassar ini biasanya untuk mengangkut tank dan alat berat serta personel sebanyak 1.000 orang bahkan lebih. Namun kali ini diikutsertakan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu, untuk mudik ke Surabaya jelang Lebaran 2019.

“Kita akan tempuh perjalanan selama 2 hari 1 malam, dengan kecepatan 12 knot, selain itu para penumpang ini juga dipisahkan antara pria dan wanita,” ujarnya.

KRI Makassar milik TNI AL yang diperbantukan untuk mengangkut pemudik dari Balikpapan menuju Surabaya
Sementara itu, Komandan Angkatan Laut Balikpapan Kolonel Laut (P) Wahyu Cahyono menjelaskan, setiap penumpang yang masuk tetap dilakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan, karena dikhawatirkan ada barang bawaan yang dapat membahayakan dalam perjalanan.

“Kita periksa satu persatu bawaan penumpang, dan bila didapati kita sita, terutama benda benda tajam yang berbahaya,” ujarnya.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, banyak didapati senjata tajam berupa parang, gunting dan telah diamankan untuk tidak boleh dibawa naik ke kapal KRI Makassar 590.

“Tadi banyak kita temukan senjata tajam berupa parang dan mandau. Kalo di kapal swasta mandau (golok khas Kaltim) masih diperbolehkan karena khas kaltim, nah kalo di kita tidak ada toleransi ya,” jelasnya.

Untuk mendukung arus mudik yang disinyalir akan melonjak lantaran tiket pesawat cukup tinggi sehingga, sehingga Kementerian Perhubungan bersurat kepada TNI dan TNI Angkatan Laut langsung mendukung program mudik ini di Balikpapan.

KRI Makassar 590 dari Pelabuhan Semayang Balikpapan ini diperkirakan akan sandar di Pelabuhan Surabaya pada tanggal 3 Juni 2019.(AND/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here