Ribuan batang sabun antiseptik diubah menjadi sabun cair olej personel Kodim Tarakan.(Foto: Istimewa)

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Tarakan – Komando Distrik Militer 0907 Tarakan, Kalimantan Utara membagikan sabun cair untuk cuci tangan ke masyarakat di Kota Tarakan. Uniknya, ribuan sabun batangan yang bentuknya padat, dihancurkan dan dijadikan cair, sehingga menambah jumlah dan volume sabun. Dengan begitu, warga yang berkesempatan mendapatkan sabun juga semakin banyak.

Komandan Kodim 0907 Tarakan Letkol Inf Eko Antoni Chandra Lestianto menjelaskan perlu upaya bersama dalam menekan penyebaran Covid-19. Salah satunya adalah dengan cara terus mengedukasi masyarakat untuk rajin mencuci tangan menggunakan sabun antiseptik.

“Dari banyaknya warga yang akan menerima, kami berfikir bagusnya sabun tersebut diblender sehingga menjadi cair. Dengan menjadi sabun cair, penyalurannya pun lebih mudah dan lebih banyak warga yang mendapatkan sabun,” jelasnya, Kamis (2/4).

Ribuan sabun diperoleh Kodim 0907/Trk dari sumbangan para distributor dan toko yang turut prihatin dengan penyebaran wabah Corona atau Covid-19 di Kota Tarakan.

Masyarakat hanya disuruh menunggu di rumah sementara petugas akan berkeliling untuk mengisi botol-botol milik warga. Selain menghindari antrean dan berkumpulnya banyak warga, cara tersebut juga efektif memperlancar petugas pengisi.

Pembagian juga dilakukan bintara pembina desa (babinsa) dengan mengisi langsung wadah yang disediakan masyarakat dan tempat-tempat umum lainnya. Tentunya prinsip jaga jarak aman atau social distancing.

“Jangan sampai pembagian sabun dari Kodim ini malah menambah permasalahan baru terhadap penularan dan perkembangan kasus Covid-19,” ucapnya.

Dari 1.000 batang sabun padat, berhasil diubah menjadi 1.113 liter sabun cair. Awalnya, sabun padat dipotong kecil-kecil dan dimasukkan ke alat pelumat makanan berupa alat blander. Dengan diisi air bersih, sabun-sabun padat berubah sempurna menjadi sabun cair.

Hal ini menjadi salah satu cara atau solusi untuk mengatasi keterbatasan hand soap (sabun cuci tangan) yang ada saat ini. Bahkan semua jenis dan merek sabun antiseptik padat dapat dimanfaatkan menjadi sabun cair.

Stok sabun cair yang dihasilkan melebihi dari kebutuhan masyarakat, sehingga warga tidak perlu khawatir akan kehabisan. Bahkan, target penyaluran dapat hingga lima hari ke depan sejak hari ini (Kamis,2 April).

“Sebenarnya awal ketika diumumkan akan ada pembagian sabun gratis, saya juga merasa khawatir, karena tiba-tiba banyak masyarakat yang berdatangan. Dan hal ini di luar prediksi kami, sehingga kami kembali mengubah pola pembagian sabun cair tersebut untuk menjaga social distancing dari masyarakat yang berdatangan,” jelas Eko Antoni.(YAN)

1 COMMENT

  1. […] “Sebenarnya awal ketika diumumkan akan ada pembagian sabun gratis, saya juga merasa khawatir, karena tiba-tiba banyak masyarakat yang berdatangan. Dan hal ini di luar prediksi kami, sehingga kami kembali mengubah pola pembagian sabun cair tersebut untuk menjaga social distancing dari masyarakat yang berdatangan,” jelasnya.(https://poskaltim.com/kreatif-kodim-0907-tarakan-bagikan-sabun-batangan-dalam-bentuk-cair/) […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here