KPU Kaltim terpaksa menunda rapat pleno penetapan anggota DPRD terpilih hasil Pemilu 2019, karena ada partai yang masih bersengketa di MA. Sidang akan ditunda hingga awal Agustus mendatang.

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda — Akhirnya Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi dan Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Provinsi Kaltim hasil Pemilu 2019, ditunda hingga awal bulan Agustus mendatang.

Penundaan ini dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim karena masih adanya sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Agung (MA).

“Rapat pleno hari ini ditunda hingga awal Agustus mendatang karena terkait pemilihan DPR RI dimana yang bersengketa daerah pemilihan (dapil) di beberapa kabupaten dan kota di Indoensia,” ujar Ketua KPU Kaltim, Rudiansyah, di ruang rapat pleno, Hotel Harris Samarinda, pada Senin (22/7).

Ditambahkan Rudiansyah, Partai Berkarya menggugat DPR RI sedikitnya pada 34 dapil dalam satu gugatan. Ditambahkan Rudi, gugatan Partai Beringin Karya tersebut karena ada selisih antara hasil perhitungan suara yang dilakukan Partai Berkarya dengan hasil perhitungan KPUD di sejumlah Dapil berbeda. Namun untuk Kaltim, hasilnya sama.

“Khusus Kaltim, versi Beringin Karya itu sama dengan yang kami tetapkan. Makanya kami katakan, khusus Kaltim tidak substantif. Karena putusannya satu kesatuan juga, maka itulah yang harus ditunggu,” jelas Rudiansyah.

Rapat pleno yang berlangsung beberapa saat diskor selama satu jam sebelum akhirnya ditunda hingga penyelesaian masalah yang sedang berproses di Mahkamah Konstitusi.

Di Kaltim, DPD Partai Berkarya menyambut baik penundaan penetapan oleh KPU Kaltim ini.

Ketua DPD Partai Berkarya Kaltim, Munir Ahmad mengatakan (proses) hukum di MK tersebut dilakukan demi mendapatkan rasa keadilan dalam perolehan suara pada Pemilu 2019.

Rapat Pleno Terbuka selanjutnya rencananya akan dilaksanakan pada awal Agustus dan kemungkinan akan bertempat di aula KPU Kaltim Jalan Basuki Rahmad dan bukan di hotel bintang seperti rapat pleno hari ini, karena keterbatasan dana penyelenggaraan yang ditunda ini.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here