Oleh: Ari | Yuliawan A

Indonesiainside.id, Denpasar – Kongres kelima Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan digelar besok, Kamis (9/8). Sejumlah tokoh nasional dan sejumlah pimpinan partai politik (parpol) dipastikan hadir pada pembukaan kongres tersebut.

Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mendapat undangan. Sementara Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Ketua Umum Partai Demikrat, tidak diundang.

Zulkifli diundang sebagai Ketua MPR RI. Sementara Prabowo, tampaknya mendapat undangan istimewa. Terlebih lagi komunikasi antara PDIP dan Gerindra semakin intens. Apakah ini sinyal PDIP akan merangkul Prabowo?

Partai Demokrat yang lebih awal merapat ke kubu Joko Widodo ternyata tidak diundang. Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman tidak diundang.

Sesuai rencana, Kongres V PDIP akan digelar di Hotel Inna Grand Bali Beach Sanur hingga 11 Agustus 2019 mendatang. Ada 2.172 peserta Kongres yang hadir, belum termasuk belasan ribu penggembira dari berbagai daerah.

“Utusan dari 514 DPC dan 34 DPD sudah siap hadir,” kata Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto di arena Kongres, Rabu (7/8).

Presiden RI Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Wakil Presiden terpilih Ma’ruf Amin, pimpinan Lembaga Tinggi Negara dan pimpinan Partai Koalisi Indonesia Kerja dan sejumlah tokoh dijadwalkan akan menghadiri pembukaan Kongres.

Sebelum pembukaan hari ini, tadi malam digelar acara malam kebudayaan di arena kongres, yang menampilkan atraksi seni dan budaya dari berbagai daerah.

Ketua Steering Commite Kongres V PDIP Djarot Saiful Hidayat menjelaskan, peserta Kongres yang berjumlah 2.172 orang, itu dibagi menjadi dua kategori. Pertama, utusan yang terdiri Ketua, Sekretaris dan Bendahara dari 34 DPD (provinsi) dan 514 DPC Kabupaten/Kota seluruh Indonesia dan Dewan Perwakilan Luar Negeri (DPLN).

“Kedua adalah peninjau, yaitu senior partai dan anggota Dewan (dari fraksi PDIP, red),” jelas Hasto. Selain peserta, ada juga penggembira yang berjumlah sekitar 15 ribu orang. Mereka dipusatkan di Lapangan Pantai Matahari Terbit, Sanur.(YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here