Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda — Setelah mengikuti proses pelantikan unsur Ketua DPRD Kaltim definitif di ruang sidang Paripurna Gedung DPRD Kaltim Selasa (1/10).

Makmur HAPK langsung menjanjikan kinerja DPRD yang lebih tertata dan efektif. Dirinya dipercaya menduduki pimpinan dewan bersama Samsun dari PDIP, Andi Harun dari Gerindra dan Sigit Wibowo dari PAN, yang didaulat menjadi unsur pimpinan DPRD Kaltim masa jabatan 2019-2024.

“Ini adalah tugas berat yang dipercayakan masyarakat tetapi akan menjadi ringan dengan kebersamaan unsur pimpinan lainnya,” ujar Makmur seusai pelantikan.

Menurutnya kinerja DPRD tak lagi melihat pada latar belakang partai politiknya. Tetapi melihat pada satu kesatuan dalam menampung danmelayani aspirasi masyarakat.

Selanjutnya akan ada koordinasi internal terkait pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD). Juga, masuk dalam fokusnya adalah respons cepat akan Ibu Kota Negara (IKN) yang sah terposisi di Kaltim.

Beberapa agenda sudah dipersiapkan, dalam waktu dekat adalah penyelesaian tata tertib (tatib), tatib internal dan tatib eksternal dimana secepatnya akan berkonsultasi kepada Kemendagri sebellum disahkan.

“Secara jadwal, banyak yang harus kami kerjakan dalam waktu dekat. termasuk pada tanggal 7-9 Oktober nanti mengikuti orientasi yang dilaksanakan di pusat,” sebutnya.

Disinggung soal penunjukkan Kaltim sebagai ibu kota negara, Makmur menegaskan bahwa dewan akan sepakat mendukung.
“Soal IKN, menurutnya baik eksekutif dan legislatif wajib seia sekata. Wajib ada kesepahaman satu visi dan misi terkait semua hal yang terkait dengan IKN. termasuk pembentukan raperda pendukungnya,” ujarnya..(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here