Pembangunan Jembatan Mahakam Kota IV diharapkan dapat rampung dan dapat difungsikan pada Desember tahun 2019 ini, mengingat keberadaan jembatan Mahakam Kota Satu yang berada disisinya sudah tidak mampu menampung jumlah kendaraan yang lewat.

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda — Proyek pembangunan jembatan Mahakam Kota IV yang kini terus dikebut pengerjannya diharapkan dapat rampung pada akhir tahun ini. Proyek strategis bagi transportasi di Kota Samarinda ini telah menghabiskan dana sebesar sebesar Rp28 miliar dan seharusnya elesai pada Desember 2018 lalu.

Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Syahrun mendesak kontraktor yang mengerjakan proyek jembatan ini untuk dapat memastikan rampungnya jembatan ini sehingga tidak molor lagi ketahun berikutnya.

“Yah itu kan proyeknya sudah berjalan. Anggarannya juga sudah ada. Saya yakin pasti rampung pada tahun ini. Pokoknya akan kami turut awasi lah. Proses lelang (untuk pekerjaan tambahan) juga kabarnya sudah, jadi kita tinggal tunggu saja,” ujarnya kepada awak media, Kamis (22/8).

Menurutnya, Jembatan Mahakam Kota yang pertama dibangun tahun 1980-an lalu dirasa sudah sangat padat oleh kendaraan yang lalu-lalang, apalagi di jam-jam sibuk kerja dan anak sekolah. Sepantasnya, ujar Syahrun warga kota Samarinda berharap agar jembatan Mahakam Kota IV dapat menunjang Jembatan Mahakam Kota I, untuk kelancaran arus lalu lintas.

Harapan yang sama juga disampaikan Haji Alung, sapaan akrab Muhammad Syahrun terhadap pembangunan jalan tol dari Balikpapan-Samarinda yang hingga kini progres pembangunannya telah mencapai 85 persen. Dirinya berharap jalan tol pertaman di Kalimantan ini dapat digunaan oleh masyarakat paling lambat Desember tahun ini.

“Kami di DPRD berharap proyek jalan tol sepanjang 99,35 kilometer ini juga dapat rampung di akhir tahun ini. Apalagi kan ini akan mendukung sarana dan prasarana Kaltim sebagai ibu kota negara baru nantinya,” ucapnya.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here