Oleh : Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda — Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim melakukan penyempurnaan website untuk integrasi semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemprov Kaltim.

Penyempurnaan diharuskan untuk pelayanan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan memasukkan data serta konten yang sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Sekretaris Dinas Kominfo Kaltim Eka Wahyuni menerangkan website di tiap-tiap OPD lingkungan Provinsi Kaltim harus sudah ditingkatkan (upgrade) data dari masing-masing website untuk saling berintegrasi dengan website utama milik Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dilakukan pembaharuan website.

“Ini harus dilakukan pembaruan karena sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Sehingga masing-masing OPD harus memiliki website dan mengintegrasikannya. dalam rangka penilaian pemeringkatan badan publik dari Komisi Informasi,” ujarnya saat membuka acara workshop pemutakhiran data yang dihadiri 39 OPD di lingkungan Pemprov Kaltim, di Samarinda, Rabu (4/9).

Nantinya, lanjut Eka, setiap OPD juga harus melakukan penginputan data melalui admin yang telah diberikan kepada OPD oleh tim Internet Tekhnologi Diskominfo, disertai link informasi yang sudah terupload website PPID Utama. Sehingga setiap admin dari SKPD akan memiliki akses ke website PPID Utama.

Setiap SKPD diharuskan melakukan updating konten website seperti berita-berita kegiatan SKPD, program dan kegiatan SKPD, dokumentasi-dokumentasi kegiatan OPD dan informasi – informasi yang berkaitan dengan pelayanan publik yang akan terintegrasi dengan website PPID Utama Kaltim. Dengan demikian masyarakat diharapkan dapat mengakses semua informasi dengan nyaman tanpa adanya kendala tidakseragaman.

“Tujuan kita dengan workshop ini untuk mewujudkan PPID di lingkungan Pemprov Kaltim yang berkompeten dalam rangka pelaksanaan Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik. Pemuktahiran data, informasi dan dokumentasi setiap OPD guna mewujudkan Kaltim yang terbuka dan informatif,” jelas Eka.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here