Oleh: Anisa Tri K / Yuliawan A

Poskaltim.com, Jakarta – Lima destinasi wisata super prioritas nasional dibahas oleh Kementerian Pariwisata dalam rapat koordinasi nasional (Rakornas) III. Dalam Rakornas ini, membahas pengembangan lima destinasi super prioritas yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo.

Adapun kelima destinasi super prioritas tersebut antara lain; Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang.

Bertempat di Swissotel PIK Avenue Jakarta pada Selasa (10/9), Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, Indonesia peringkat 9 dalam pertumbuhan Pariwisata tercepat di dunia.

“Pencapaian ini hasil upaya promosi atau pemasaran dengan penganggaran peningkatan promosi pariwisata dengan cara Branding, Advertising, dan Selling (BAS,”. Paparnya.

Saat ini, Kemenpar bersama beberapa instansi terkait mulai menjalankan instruksi Presiden Jokowi terkait pengembangan lima destinasi super prioritas tersebut.

Progres yang telah dicapai, salah satunya adalah berdirinya The Kaldera – Toba Nomanic Escape di Lahan Zona Otorita Kabupaten Toba Samosir. Sedangkan destinasi Mandalika, saat ini tengah dalam proses pengukuran topografi dan konstruksi untuk pembangkit sirkuit Motogp.

Rencananya proyek besar ini akan dimulai pada Oktober 2019 dan ditargetkan selesai pada 2020.

Untuk mencapai semua target ini, pemerintah menganggarkan Rp 6,5 Triliun kepada empat destinasi super prioritas. Dimana Danau Toba sebesar Rp 2,2 triliun, Borobudur Rp 2,1 triliun, Labuan Bajo Rp 6,3 triliun dan Mandalika sebesar Rp 1,9 triliun. (YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here